Elon Musk Copot Status Orang Terkaya di Dunia Gegara Saham Anjlok, Ini Penggantinya

Elon Musk.
Sumber :
  • Marca

Washington – Untuk pertama kalinya dalam lebih dari sembilan bulan, Elon Musk tidak lagi menyandang status sebagai orang terkaya di dunia. Elon telah kehilangan posisinya di puncak Bloomberg Billionaires Index, dan digantikan oleh Jeff Bezos setelah saham Tesla Inc. anjlok 7,2 persen, pada Senin, 4 Maret 2024.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Elon diketahui memiliki kekayaan bersih senilai US$197,7 miliar atau setara dengan Rp3,113 kuadriliun. Sementara itu, kekayaan Jeff Bezos dinilai lebih tinggi, yakni US$200,3 miliar atau Rp3,154 kuadriliun.

Elon Musk.

Photo :
  • WIRED
IHSG Dibayangi Koreksi Wajar, Intip Rekomendasi Saham Jelang Akhir Pekan

Melansir dari NDTV, Selasa, 5 Maret 2024, ini pertama kalinya Jeff Bezos, pendiri Amazon.com Inc., menduduki peringkat teratas orang terkaya versi Bloomberg sejak 2021.

Kesenjangan kekayaan antara Elon dan Jeff, yang pernah mencapai US$142 miliar, telah menyusut karena saham Amazon dan Tesla bergerak ke arah yang berlawanan.

783 Juta Orang Akan Menderita Diabetes Tahun 2045

Meskipun keduanya termasuk di antara saham Magnificent Seven yang telah mendorong pasar ekuitas AS, saham Amazon telah meningkat lebih dari dua kali lipat sejak akhir tahun 2022 dan berada dalam jarak yang sangat dekat dengan rekor tertinggi.

Di lain sisi, Tesla turun sekitar 50 persen dari puncaknya pada tahun 2021.

Saham Tesla jatuh pada hari Senin setelah data awal menunjukkan pengiriman dari pabriknya di Shanghai merosot ke level terendah dalam lebih dari setahun.

Amazon, sementara itu, menunjukkan pertumbuhan penjualan online terbaiknya sejak awal pandemi.

Paket Gaji

Kekayaan Musk bisa terpukul lebih lanjut setelah hakim Delaware membatalkan paket sebesar US$55 miliar (Rp866,2 triliun) di Tesla, tempat dia menjabat sebagai kepala eksekutif.

Keputusan tersebut memihak investor yang menentang rencana kompensasi Elon Musk, yang merupakan terbesar dalam sejarah.

Opsi yang termasuk dalam rencana yang dibatalkan tersebut adalah salah satu aset terbesar Elon, di samping sahamnya di Tesla dan SpaceX.

Indeks Bloomberg terus memasukkan mereka ke dalam penghitungan kekayaannya.

Mayoritas kekayaan Bezos berasal dari 9 persen sahamnya di Amazon. Dia adalah pemegang saham terbesar pengecer online tersebut, bahkan setelah melepas 50 juta saham senilai sekitar US$8,5 miliar bulan lalu.

Jeff Bezos.

Photo :
  • Natania Longdong/VIVA.

Bagi Bezos, berada di puncak peringkat kekayaan adalah hal yang biasa. Dia pertama kali menyalip salah satu pendiri Microsoft Inc. Bill Gates sebagai orang terkaya di dunia pada tahun 2017.

Namun, reli besar-besaran pada saham Tesla membuat Bezos berebut posisi teratas dengan Elon Musk hampir sepanjang tahun 2021. Pada akhir tahun itu, dia tertinggal jauh, dan tidak mendapatkan kembali posisi No. 1 sampai sekarang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya