Tiongkok-Rusia Geser AS & Sekutu dalam Teknologi Militer

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat di Timur Tengah
Sumber :
  • aawsat.com

VIVA – Amerika Serikat dan Australia harus memperkuat kemitraan industri mereka dan meningkatkan persiapan militer di kawasan Indo-Pasifik di tengah semakin agresifnya perilaku Tiongkok di Laut Cina Selatan, kata seorang pejabat tinggi pertahanan Australia minggu ini, dikutip dari Business Insider, Kamis, 7 Maret 2024.

Kisah Nyata di Balik Rumah Bagus Pasukan Tengkorak dan Hadiah 5 Miliar dari Jenderal TNI Maruli

Hugh Jeffrey, Wakil Menteri Strategi, Kebijakan, dan Industri Australia, mengeluarkan peringatan tersebut saat menyampaikan pidato utama pada acara hari Selasa yang diselenggarakan oleh Pusat Studi Strategis dan Internasional, sebuah wadah pemikir yang berbasis di Washington, DC.

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat melatih pasukan Ukraina

Photo :
  • nbcconnecticut.com
Innalillahi, Prajurit Terbaik TNI Angkatan Darat Meninggal Dunia Tersambar Petir

Komentar Jeffrey muncul setelah bertahun-tahun meningkatnya ketegangan di kawasan Indo-Pasifik. Amerika menanggapinya dengan berupaya meningkatkan kehadirannya di seluruh Asia.

Dalam pidatonya, Jeffrey memuji para pejabat pertahanan AS karena mengakui bahwa infrastruktur militer negara tersebut pada era Perang Dingin tidak mungkin bertahan dalam ujian geopolitik yang menegangkan saat ini, demikian yang dilaporkan South China Morning Post.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Rusia dan Tiongkok melampaui AS dan sekutunya,” kata Jeffrey, menurut outlet tersebut, yang mencatat bahwa ia sedang mendiskusikan teknologi militer.

“Kemampuan kita untuk melakukan inovasi bersama, investasi bersama, dan produksi bersama saat ini akan menentukan siapa yang memenangkan pertempuran demi keuntungan militer besok,” lanjutnya, menurut SCMP.

VIVA Militer: Tentara Amerika Serikat (AS) di Irak

Photo :
  • Modern Diplomacy

Dia mendorong pemerintahan Biden untuk terus bekerja sama dengan Australia untuk memastikan risiko regional dan menerapkan sepenuhnya AUKUS, sebuah kemitraan keamanan trilateral antara AS, Inggris, dan Australia yang berfokus pada kawasan Indo-Pasifik.

Aliansi ini diumumkan pada tahun 2021 tetapi belum sepenuhnya diadopsi. AUKUS, antara lain, memberi kekuatan pertahanan Australia kemampuan untuk membangun kapal selam nuklir yang dianggap oleh banyak orang sebagai upaya untuk membatasi Angkatan Laut Tiongkok di Laut Cina Selatan.

Dilaporkan sebelumnya oleh Business Insider, bahwa kapal selam tersebut kemungkinan akan memakan waktu puluhan tahun untuk dikirimkan.

Namun Tiongkok telah memperluas armada kapal selamnya secara signifikan dan semakin banyak melakukan survei di perairan terdekat, termasuk di dekat Taiwan dan antara Indonesia dan Australia.

AS telah mengambil beberapa langkah dalam beberapa bulan terakhir untuk meningkatkan kesiapan di wilayah tersebut. Angkatan Darat AS sedang berlatih dengan sekutu dan mitra internasional untuk meningkatkan kekuatan dalam pertempuran darat seiring dengan meningkatnya peluang pertempuran di masa depan di Pasifik.

Komandan Jenderal Angkatan Darat AS di Pasifik mengatakan kepada BI bulan lalu bahwa upaya sedang dilakukan untuk melawan perilaku “agresif dan berbahaya” Tiongkok.

Departemen Pertahanan mengatakan dalam Laporan Kekuatan Militer Tiongkok baru-baru ini bahwa Tiongkok adalah “satu-satunya pesaing” AS yang memiliki niat dan kapasitas untuk mengubah tatanan global.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya