Muslim Palestina Hari Ini Mulai Berpuasa Ramadhan, Presiden Abbas Berharap Kedamaian

Suasana salat tarawih di Masjid Al Aqsa, Palestina
Sumber :
  • AP Photo/Mahmoud Illean

Yerusalem – Mufti Agung Yerusalem dan Palestina, Mohammad Hussein, menyatakan Senin, 11 Maret 2024, akan menjadi hari pertama bulan suci Ramadhan bagi umat Islam di Palestina, seperti dilansir Wafa. 

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Jam kerja harian di lembaga-lembaga pemerintah akan dikurangi menjadi hanya lima jam selama bulan suci Ramadhan, menurut pernyataan pemerintah baru-baru ini.

Dikatakan bahwa pekerjaan akan dimulai pada pukul 9:00 pagi dan berakhir pada pukul 2:00 siang selama bulan Ramadhan. Biasanya jam kerja di negara itu 7 jam, dari jam 8 sampai jam 3.

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Presiden Palestina Mahmoud Abbas

Photo :
  • Alaa Badarneh/Pool via REUTERS/WSJ/cfo (REUTERS/POOL/POOL)

Presiden Palestina, Mahmoud Abbas menyampaikan ucapan suka cita menyambut bulan suci Ramadhan. Ia berharap Ramadhan tahun ini, rakyat Palestina dapat mencapai kebebasan dan kemerdekaan, berdirinya negara merdeka dengan Yerusalem sebagai ibu kotanya, dan kembalinya Palestina. 

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Abbas juga menyerukan penghentian agresi militer dan pembunuhan, pengungsian dan kelaparan terhadap rakyat Palestina serta kesucian Islam dan Kristen mereka.

"Kami memohon kepada Tuhan Yang Maha Esa untuk memberikan keamanan dan perdamaian kepada Palestina dan seluruh dunia, mendoakan rahmat Yang Maha Kuasa bagi para syuhada, kesembuhan bagi yang terluka, dan kebebasan bagi para tawanan heroik kita," kata Presiden

Seperti Palestina, Arab Saudi, UAE dan Qatar juga mengumumkan 1 Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi jatuh pada Senin, 11 Maret 2024. 

Mahkamah Agung Saudi mengumumkan bulan sabit terlihat pada Minggu malam di Sudair dan Al-Hariq. 

Hal ini juga terlihat di Uni Emirat Arab (UAE) dan Qatar dan oleh karena itu Ramadhan akan dimulai pada hari Senin di negara-negara tersebut juga.

Selamat Ramadhan

Presiden UAE Yang Mulia Syeikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan telah membagikan ucapan selamat Ramadhan di akun X pribadinya.  

"Dengan dimulainya Ramadhan, saya menyampaikan harapan terbaik saya kepada semua orang yang menjalankan bulan suci ini. Semoga periode refleksi dan doa ini membawa kita lebih dekat dan memperkuat ikatan persatuan dan kasih sayang kita. Saya berharap Anda mendapatkan Ramadhan yang penuh berkah dan kedamaian, harmoni, dan pertumbuhan spiritual," tulisnya.

Ramadhan adalah bulan kesembilan dalam kalender Islam di mana umat Islam berpuasa dari fajar hingga matahari terbenam, tidak makan dan minum.

Bulan suci merupakan masa introspeksi dan bermasyarakat, di mana umat Islam lebih banyak membaca Al-Qur’an dari biasanya, menunaikan shalat tarawih, dan memperbanyak amal shaleh termasuk bersedekah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya