Diklaim Presisi dalam Pengamatan Hilal, Maroko Sebut 1 Ramadhan 2024 Jatuh pada 12 Maret

Ilustrasi Hilal
Sumber :
  • Bulan Sabit atau Hilal

Rabat - Kementerian Urusan Islam Maroko memperkirakan hari pertama Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada Selasa, 12 Maret 2024, seperti dilansir moroccoworldnews, Minggu, 10 Maret 2024.

Esports: PUBG Mobile Sukses Gelar Turnamen Komunitas hingga Influencer selama Ramadhan

Maroko baru akan melihat bulan sabit pada petang ini, Minggu, 10 Maret 2024. Namun, berdasarkan pengamatan bulan yang mereka klaim paling akurat yang telah disesuaikan selama berabad-abad, potensi hilal Ramadhan tidak akan terlihat pada Minggu sore, sehingga kemungkinan awal puasa Ramadhan pada 12 Maret 2024.

Diketahui, negara-negara Islam mengandalkan berbagai cara untuk menentukan hari pertama bulan suci Ramadhan dan kedua perayaan Idul Fitri. Yang paling penting, mereka mengacu pada sabda Nabi Muhammad; “Puasalah ketika kamu melihatnya (bulan sabit) dan berbukalah ketika kamu melihatnya.”

Arab Saudi Kemungkinan Ikut Ajang Miss Universe, Kandidat Lagi Diseleksi Ketat

Oleh karena itu, beberapa negara seperti Maroko mendasarkan kalender mereka pada penampakan bulan sabit dengan mata telanjang.

Negara lain, seperti Brunei dan Oman, menggunakan teleskop untuk mengamati bulan. Negara-negara sepertinTurki dan Tunisia sangat bergantung pada perhitungan astronomi.

Aturan Baru, Arab Saudi Izinkan Semua Jenis Visa Bisa Ibadah Umrah

Pengamatan gerhana bulan sebagian dari Manado oleh BMKG

Photo :
  • Twitter BMKG

Ilustrasi pengamatan hilal/bulan dalam kalender hijriah

Photo :
  • Ist

Kelompok ketiga, termasuk Malaysia dan Indonesia, menggunakan pengamatan dan penghitungan secara bersamaan.

Sementara itu, mayoritas negara mengikuti deklarasi resmi penampakan bulan dari Arab Saudi.

Melalui praktik bertahun-tahun, Maroko telah mengasah metodologi yang andal untuk mengamati dan memvalidasi penampakan bulan, sehingga membuat Maroko terkenal di dunia karena keakuratannya.

Kerajaan Saudi mengerahkan jaringan komite khusus dan melakukan pemeriksaan silang terhadap penampakan visual berdasarkan perhitungan astronomi agar tidak ada kesalahan.

Sementara Maroko, memiliki 270 titik observasi di seluruh penjuru negeri dengan pendekatan bergantung pada dua metode utama untuk penampakan bulan.

Proses penampakan bulan di Maroko secara aktif melibatkan para ulama, astronom, dan unit angkatan bersenjata dalam upaya terkoordinasi.

Pada tanggal 28 setiap bulan lunar, Kementerian Wakaf dan Urusan Islam mengeluarkan seruan untuk memantau bulan pada hari ke-29.

Kementerian menghubungi 270 titik pengamatan resmi di seluruh negeri, meminta ahli hukum Muslim, hakim, dan pejabat kementerian untuk mengidentifikasi bulan sabit secara visual.

Pengamat terlatih ini dengan hati-hati memindai langit dan kemudian mengisi formulir rinci yang mencatat spesifikasi bulan. Para pengamat resmi harus mencatat apakah mereka jelas melihat bulan sabit dengan mata telanjang atau tidak.

Secara terpisah, tim yang ditugaskan dari angkatan bersenjata Maroko juga melakukan pengamatan dan menyerahkan temuan mereka. Masukan mengalir ke komisi pusat Kementerian, yang menganalisis masukan tersebut untuk secara meyakinkan mengkonfirmasi atau menyangkal penampakan bulan pada bulan tersebut.

Setelah semua hasil diperiksa ulang, komite pusat kementerian akan membuat pengumuman akhir.

Dengan lebih dari 2.300 orang berpartisipasi di 278 komite pengamatan resmi, data yang diperoleh sangat luas.

Pemeriksaan silang dengan perhitungan astronomi Maroko tidak hanya mengandalkan penampakan visual, bahkan dengan 278 komite pemantau resmi di seluruh wilayah kerajaan.

Hasilnya diperiksa ulang dengan cermat berdasarkan perhitungan astronomi terbaru mengenai ukuran, kecerahan, dan posisi bulan.

Jika pengamatan empiris dan model komputasi sejalan dalam mengkonfirmasi atau menyangkal munculnya bulan sabit Syawal, masyarakat Maroko dapat yakin bahwa tanggal Ramadhan mereka akan ditetapkan secara akurat.

Keahlian ini ditekuni selama berabad-abad penduduk asli Maroko dalam melihat bulan selama berabad-abad, bukan hanya mengandalkan teknologi modern saja.

Pemantauan Hilal Untuk Menentukan Awal Puasa Ramadhan. (ilustrasi)

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Standar Ketat

Menurut Ali El Amaroui – salah satu ahli yang menghitung kalender lunar – parameter yang digunakan dapat ditelusuri kembali ke para sarjana abad ke-15 dari Andalusia dan dunia Arab yang pengamatan ekstensifnya memungkinkan mereka menentukan secara tepat kondisi yang diperlukan untuk penampakan yang pasti. Metode-metode ini masih diajarkan di Universitas Qarawiyyin yang terkenal di Fez.

Bulan sabit hanya terlihat jelas dengan mata telanjang jika berada di atas ufuk barat selama lebih dari 48 menit setelah matahari terbenam dan memiliki jarak sudut dari matahari lebih dari 10 derajat.

Maroko menerapkan standar internasional yang ketat seperti ini sebelum memastikan adanya penampakan bulan.

Sebaliknya, “beberapa negara menyatakan penampakan berdasarkan laporan pengamatan mata telanjang hanya berlangsung selama satu menit dan jarak dari matahari kurang dari 5 derajat,” kata El Amraoui, sehingga membuat kesalahan lebih mungkin terjadi.

Pengakuan global Setelah upaya selama 20 tahun, Maroko telah mendapatkan pengakuan global atas metodenya yang andal. "Mengingat kedekatannya, komunitas Muslim Eropa sebaiknya mengikuti jejak Maroko pada tanggal-tanggal penting seperti awal Ramadhan daripada mengandalkan penampakan dari timur jauh," saran El Amaroui.

Akhir Ramadhan 2015 menyoroti bagaimana kehebatan pengamatan bulan di Maroko meminimalkan kesalahan. Sebagian besar umat Islam di dunia merayakan Idul Fitri pada hari Jumat setelah mengklaim bulan sabit Syawal terlihat pada Kamis malam. Namun Maroko dan Oman mengumumkan bahwa bulan belum terlihat pada malam itu. Mereka menyelesaikan 30 hari dari bulan Ramadhan sebelumnya dan menyatakan hari Sabtu sebagai Idul Fitri.

Tak lama kemudian, Mufti Agung Tunisia mengakui telah terjadi “kesalahan penampakan”.

Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Maroko mengeluarkan pernyataan resmi tentang dimulainya bulan suci Ramadhan. Dalam pengumumannya, Kementerian juga mendesak agar berhati-hati dalam menyebarkan berita sebelum waktunya, terutama media yang ingin mengetahui berita tersebut.

Pemberitahuan resmi dari Kementerian diperlukan untuk mengumumkan secara resmi dimulainya Ramadhan. Tentu saja, variasi awal dan akhir bulan lunar akan tetap ada antar negara selama kriteria yang digunakan berbeda. Namun sistem yang berlaku di Maroko tidak menyisakan keraguan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya