Tegang! 2 Pesawat Pengebom B-1B AS Berhadapan dengan Jet Tempur MiG Rusia di Laut Barents

Jet Tempur MiG
Sumber :
  • Pixabay

VIVA – Dua pembom strategis United States Air Force (USAF) B-1B disergap oleh jet tempur MiG Rusia selama misi di dekat Norwegia. Dua pembom tersebut dilaporkan mendekati wilayah udara Rusia tetapi berbalik arah, dikutip dari simpleflying, Selasa, 26 Maret 2024.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Pembom USAF Disergap oleh MiG Rusia

Jet tempur MiG-41 Rusia.

Photo :
  • Twitter
AS Kirim 25 Ribu Makanan Siap Saji ke Jalur Gaza Melalui Udara

Insiden ini terjadi pada 24 Maret di atas Laut Barents di sebelah utara Norwegia. Menurut laporan dari The Barents Observer, dua pembom USAF Rockwell B-1B Lancer sedang melakukan misi di atas wilayah udara Norwegia dan internasional. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pengendali lalu lintas udara (ATC) mengidentifikasi dua pembom strategis mendekati wilayah udara Rusia di atas Laut Barents sebelum segera mengerahkan jet tempur MiG-31 untuk menyergap pesawat AS.

Tesla Bakal Luncurkan Mobil Listrik Murah? Ini Kata Elon Musk

Tujuan atau sifat misi tersebut belum dikonfirmasi oleh otoritas AS atau Norwegia, yang hanya memberikan sedikit detail selain mengkonfirmasi bahwa penerbangan itu terjadi di "wilayah udara Norwegia dan internasional." 

Juru bicara Angkatan Bersenjata Norwegia, Reidar Flasnes, menambahkan bahwa AS bertanggung jawab atas misi tersebut pada hari Minggu dan bahwa penerbangan tersebut disetujui oleh Kementerian Pertahanan Norwegia.

Misi tersebut juga melibatkan tiga pesawat tanker udara KC-135R Stratotankers AS yang berasal dari RAF Mildenhall, markas USAF 100th Air Refueling Wing. Data dari Flightradar24 menunjukkan bahwa ketiga pesawat tanker udara itu terbang di atas Norwegia dan Swedia pada hari Minggu tetapi tidak hadir selama penyergapan oleh MiG.

Antara 3 Maret dan 14 Maret, pasukan NATO telah melakukan latihan 'Nordic Response 2024' di wilayah tersebut yang melibatkan lebih dari 20.000 tentara dari 13 negara. Norwegia sering menjadi tuan rumah latihan militer NATO, terutama saat berlatih untuk kondisi Arktik, pada bulan Desember, Simple Flying melaporkan tentang latihan pengisian bahan bakar taktis RAF yang dilakukan di Norwegia ketika personel RAF mengisi bahan bakar sebuah Airbus A400M dengan Sistem Pengisian Bahan Bakar Pesawat yang Mendarat Udara (ALARS) di tengah kondisi Arktik yang parah.

Tidak Ada Pelanggaran Batas

Jet tempur Uni Soviet

Photo :
  • Pixabay

Menurut pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia, kedua pembom B-1B tidak pernah memasuki wilayah udara Rusia. Pernyataan tersebut mengatakan bahwa "kru pesawat tempur Rusia mengidentifikasi target udara sebagai sepasang pembom strategis United States Air Force B-1B" sebelum kedua pesawat AS mengubah arah mereka dan menjauh dari wilayah udara Rusia.

Kementerian menambahkan bahwa jet tempur MiG-31 tetap "sesuai dengan ketentuan internasional untuk penggunaan wilayah udara di atas perairan netral dan sesuai dengan langkah-langkah keselamatan" saat melakukan misi penyergapan.

Insiden Sebelumnya

Pasukan Rusia dan NATO telah terlibat dalam banyak insiden tegang dan penyergapan selama bertahun-tahun, terutama di udara. Beberapa insiden penyergapan seperti yang terjadi kemarin terjadi dalam beberapa tahun terakhir, termasuk insiden Mei 2023 yang juga melibatkan dua pembom B-1B. 

Pada kesempatan ini, dua pembom strategis disergap oleh Su-27 Flanker, yang dilaporkan telah "berinteraksi dengan aman dan profesional" dengan dua pesawat AS tersebut.

Menurut NATO, mereka harus mengerahkan jet lebih dari 300 kali pada tahun 2023 karena aktivitas pesawat Rusia. NATO menjelaskan bahwa sebagian besar insiden tersebut "aman dan profesional," dengan menambahkan bahwa sebagian besar penyergapan terjadi di atas Laut Baltik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya