16 Organisasi Kemanusiaan dan HAM Ini Terus Serukan Stop Kirim Senjata ke Israel

Ilustrasi Dewan Keamanan PBB
Sumber :
  • AP Photo/John Minchillo

Gaza – Tindakan pengeboman dan pengepungan yang dilakukan oleh Israel telah menyebabkan penduduk sipil Gaza kehilangan akses terhadap kebutuhan dasar untuk bertahan hidup, bahkan membuat daerah tersebut tidak layak dihuni.

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Sejumlah besar lembaga kemanusiaan dan hak asasi manusia (HAM) telah mendesak negara-negara untuk menghentikan pasokan senjata ke Israel.

Saat ini, penduduk sipil Gaza menghadapi krisis kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam tingkat keparahan dan skala.

Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

“PBB Mengeluarkan Resolusi Gencatan Senjata di Gaza Selama Bulan Ramadhan”

Photo :
  • Anadolu Ajansi

Menurut laporan dari Amnesty International, badan-badan kemanusiaan, kelompok HAM, pejabat PBB, dan lebih dari 153 negara anggota PBB telah memanggil untuk gencatan senjata segera.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Namun, Israel terus menggunakan senjata peledak dan amunisi di wilayah yang padat penduduk, menyebabkan dampak kemanusiaan yang besar bagi masyarakat Gaza.

Meskipun para pemimpin dunia telah mendesak pemerintah Israel untuk mengurangi jumlah korban sipil, operasi militer mereka di Gaza terus mengakibatkan kematian warga sipil pada tingkat yang belum pernah terjadi sebelumnya, menurut pernyataan terbaru dari Sekretaris Jenderal PBB.

Negara-negara anggota PBB memiliki kewajiban hukum untuk mengambil semua langkah yang diperlukan untuk melindungi warga sipil dan memastikan kepatuhan terhadap hukum humaniter internasional.

Aktivitas militer Israel telah menyebabkan kerusakan besar pada rumah, sekolah, rumah sakit, infrastruktur air, tempat penampungan, dan kamp pengungsi di Gaza; pengeboman yang tidak membedakan dan kerugian sipil yang tampaknya tidak sebanding yang seringkali terjadi merupakan sesuatu yang tidak dapat diterima.

Ilustrasi PBB.

Photo :
  • Istimewa

Komisaris Tinggi Hak Asasi Manusia PBB telah memperingatkan tentang "risiko meningkatnya kejahatan kekejaman" di Gaza dan meminta semua negara untuk mencegah kejahatan semacam itu terjadi. Sejak seruan tersebut, krisis kemanusiaan di Gaza semakin memburuk.

Dalam beberapa pekan terakhir, para pejabat tinggi Israel mulai menyerukan deportasi warga sipil Palestina keluar dari Gaza.

Pemindahan paksa di Gaza dan deportasi sebagian penduduk melintasi perbatasan, tanpa adanya jaminan kepulangan, merupakan pelanggaran serius terhadap hukum internasional, dan merupakan kejahatan kekejaman.

Deretan Organisasi Kemanusiaan dan HAM yang Menyerukan Setop Ekspor Senjata ke Israel

  1. Federation Handicap International – Humanity & Inclusion
  2. War Child Alliance
  3. Christian Aid
  4. Norwegian People’s Aid
  5. Médecins du Monde International Network
  6. Mennonite Central Committee
  7. medico international
  8. Oxfam
  9. Center for Civilians in Conflict (CIVIC)
  10. Danish Refugee Council
  11. Save the Children
  12. Plan International
  13. Norwegian Refugee Council
  14. Diakonia
  15. Amnesty International
  16. American Friends Service Committee (AFSC)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya