Ngeri! Ini 5 Senjata Paling Mematikan di Perang Dunia II

Katyusha Rocket Launcher
Sumber :
  • Ancient History List

VIVA – Perang Dunia II dianggap sebagai konflik paling meluas dan mengerikan dalam sejarah manusia. Dengan lebih dari 100 juta orang dari 30 negara terlibat, perang ini menelan lebih dari 60 juta korban. Salah satu alasan utama untuk kehancuran besar ini adalah penggunaan senjata canggih. 

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Fokus pada inovasi dan teknologi, Perang Dunia II menghasilkan senjata-senjata mematikan yang meninggalkan dampak berkepanjangan. Di antara mereka, bom atom tetap menjadi simbol paling menonjol dari kekuatan penghancuran yang digunakan dalam perang tersebut. Berikut ini deretan senjata paling mematikan dalam Perang Dunia II yang dilansir dari Ancient History List. 

1. Bom Atom

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Bom Atom

Photo :
  • Ancient History List

Bom atom, senjata yang paling dikenang dari Perang Dunia II menyebabkan kerusakan besar di Hiroshima pada 6 Agustus 1945 dan Nagasaki pada 9 Agustus 1945. Ledakan tersebut menewaskan lebih dari 66.000 orang di Hiroshima dan lebih dari 70.000 orang di Nagasaki serta mengakhiri perang setelah Jepang menyerah lima hari kemudian.

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

2. Hawker Hurricane

Hawker Hurricane

Photo :
  • Ancient History List

Hawker Hurricane adalah pesawat tempur Inggris terkenal dari Perang Dunia II. Dibangun oleh Hawker Aircraft untuk RAF, pesawat ini memiliki kecepatan maksimum 340mph, jangkauan 468 mil, dan ketinggian hingga 35.000 kaki. Dipersenjatai dengan delapan senapan mesin 0.303, Hurricane menjadi kunci dalam Pertempuran Britania Raya tahun 1940, membantu RAF mempertahankan Britania Raya dari serangan Angkatan Udara Jerman. Lebih dari 14.583 unit dibangun dan digunakan di berbagai medan pertempuran selama perang.

Katyusha Rocket Launcher

Photo :
  • Ancient History List

Peluncur Roket Katyusha, diproduksi oleh Uni Soviet pada PD II adalah artileri roket dengan banyak peluncur yang terpasang di kendaraan untuk mobilitas. Terkenal dengan kekuatannya, biaya murah, dan kemampuan menjatuhkan musuh dengan cepat. Suaranya menimbulkan ketakutan psikologis dan dijuluki "organ Stalin".

MG 42

Photo :
  • Pixabay/AlLes

MG 42, senjata mesin Jerman Nazi dalam Perang Dunia II, memiliki laju tembak yang tinggi, mencapai 1.200-1.500 peluru per menit. Digunakan secara luas oleh Wehrmacht dan Waffen-SS, menyebabkan ribuan kematian bagi Sekutu. Dikenal sebagai "Hitler’s buzz saw" oleh Amerika dan "the linoleum ripper" oleh Soviet.

5. The T-34 Tank

The T-34 Tank

Photo :
  • Ancient History List

Tank T-34 adalah tank medium Soviet yang digunakan selama Perang Dunia II. Meskipun dilampaui oleh tank lain dalam senjata dan perlindungan, T-34 memiliki pengaruh besar pada desain tank. Dikenal sebagai salah satu desain tank paling efektif dan efisien, T-34 memiliki kombinasi daya tembak, mobilitas, perlindungan, dan ketahanan yang unggul. Mesin utamanya adalah meriam 76,2mm yang kuat. Uni Soviet memproduksi sekitar 80.000 unit T-34, menjadikannya tank paling banyak diproduksi dalam sejarah perang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya