Ternyata Ada Deretan negara Sekutu Iran yang Bentuknya Bukan Negara

VIVA Militer: Rudal Balistik Jarak Menengah (MRBM) Kheibar Shekan militer Iran
Sumber :
  • bbc.com

Teheran – Iran telah memutuskan untuk menegaskan komitmennya dalam membalas tindakan provokatif Israel.

Hamas Melunak, Setujui Konflik dengan Israel Pakai Solusi Ini

Mereka dapat meminta dukungan dari sekutu bersenjata di Timur Tengah yang berada dalam jarak serangan mudah dari pasukan AS dan sekutu Amerika.

Ini merupakan hasil dari jaringan yang telah dikembangkan oleh para jenderal Iran selama hampir dua dekade.

Korut Kirim Utusan ke Iran, Kira-kira Ini yang Dibahas

Iran memiliki dukungan yang kuat dari puluhan ribu pejuang di berbagai negara seperti Irak, Suriah, Lebanon, Yaman, dan Jalur Gaza, yang menerima bantuan, senjata, dan pelatihan dari Teheran.

Iran sebelumnya telah menggunakan kelompok-kelompok ini untuk melakukan serangan terhadap musuh-musuh regionalnya, termasuk Israel.

Masuk Jebakan, Tentara Israel Ditembak Mati Sniper Hamas di Gaza Utara

Mereka siap untuk memobilisasi kelompok-kelompok ini jika pembunuhan Soleimani memicu konflik bersenjata, yang dapat secara signifikan memperluas medan perang.

4 Sekutu Iran di Timur Tengah yang Bukan Negara

1. Kataeb Hezbollah dan Organisasi Badr di Irak

VIVA Militer: Rudal balistik Tentara Republik Islam Iran (Artesh)

Photo :
  • alarabiya.net

Melansir AP, Iran telah melatih, mendanai, dan memperlengkapi milisi Syiah di Irak yang memerangi pasukan AS pada tahun-tahun setelah invasi tahun 2003 dan melakukan mobilisasi kembali untuk memerangi kelompok ISIS satu dekade kemudian.

Kelompok-kelompok tersebut termasuk Asaib Ahl al-Haq, Kataeb Hezbollah dan Organisasi Badr, ketiganya dipimpin oleh orang-orang yang memiliki hubungan dekat dengan Soleimani, pemimpin Pasukan elit Quds Iran.

 Pemimpin Kataeb Hizbullah, Abu Mahdi al-Muhandis, tewas dalam serangan yang menjatuhkan Soleimani. AS menyalahkan kelompoknya atas serangan roket terhadap pangkalan militer Irak pekan lalu yang menewaskan seorang kontraktor AS.

Mereka membalasnya dengan serangan udara pada akhir pekan yang menewaskan 25 pejuangnya.

Milisi ini berada di bawah payung Pasukan Mobilisasi Populer Irak, yang merupakan kumpulan sebagian besar milisi Syiah yang dimasukkan ke dalam angkatan bersenjata negara itu pada tahun 2016.

Total mereka berjumlah lebih dari 140.000 pejuang, dan meskipun mereka berada di bawah wewenang perdana menteri Irak, Para petinggi PMF secara politik bersekutu dengan Iran. Pasukan AS dan PMF berjuang berdampingan melawan militan ISIS setelah parlemen Irak mengundang AS kembali ke negara itu pada tahun 2014.

Namun dalam beberapa bulan terakhir, para pemimpin milisi meminta pasukan AS untuk pergi lagi, dan mengancam akan mengusir mereka dengan paksa jika diperlukan.

2. Hizbullah Lebanon

VIVA Militer: Milisi Hizbullah Lebanon

Photo :
  • axios.com

Milisi tersebut, yang nama Arabnya diterjemahkan menjadi “Partai Tuhan,” didirikan oleh Garda Revolusi Iran selama perang saudara di Lebanon pada tahun 1980an. Saat ini kelompok ini merupakan salah satu kelompok bersenjata paling efektif di kawasan ini, yang memperluas pengaruh Iran hingga ke Israel.

Hizbullah dibentuk untuk memerangi Israel setelah invasinya ke Lebanon pada tahun 1982. Hizbullah mengobarkan perang gerilya selama 18 tahun melawan pasukan Israel, yang akhirnya memaksa mereka mundur dari Lebanon pada tahun 2000.

Enam tahun kemudian, Hizbullah memerangi Israel hingga mengalami kebuntuan berdarah dalam waktu satu bulan. -perang panjang. Saat ini, kelompok ini memiliki puluhan ribu roket dan rudal yang dapat menjangkau jauh ke dalam Israel, serta ribuan pejuang yang sangat disiplin dan tangguh dalam pertempuran.

Hizbullah telah berperang bersama pasukan pemerintah di Suriah selama lebih dari enam tahun, memperoleh lebih banyak pengalaman di medan perang dan memperluas jangkauannya. Di dalam negeri, kekuatan kelompok ini melebihi kekuatan angkatan bersenjata Lebanon, dan merupakan bagian dari aliansi politik yang kini memimpin pemerintah dan parlemen.

Hizbullah mengatakan mereka tidak ingin berperang lagi dengan Israel, dan kemungkinan besar mereka tidak akan terlibat dalam konfrontasi regional – setidaknya pada tahap awal – kecuali jika diprovokasi. Hizbullah telah kehilangan ratusan pejuangnya di Suriah, sehingga menimbulkan kerugian besar bagi komunitas Syiah yang menjadi basis utama kelompok ini.

3. Houthi dari Yaman

pemberontak Syiah Yaman, yang dikenal sebagai Houthi, menguasai wilayah utara dan merebut ibu kota, Sanaa, pada tahun 2014. Koalisi pimpinan Saudi memasuki konflik di pihak pemerintah pada tahun berikutnya. Perang tersebut telah menewaskan puluhan ribu orang dan menimbulkan krisis kemanusiaan terburuk di dunia.

Arab Saudi memandang Houthi sebagai proksi Iran, dan setara dengan negara-negara Barat dan para ahli PBB menuduh Teheran menyediakan senjata kepada para pemberontak, termasuk rudal jarak jauh yang mereka tembakkan ke Arab Saudi. Iran mendukung pemberontak namun membantah mempersenjatai mereka.

Kelompok Houthi tidak banyak menyerah sejak koalisi memasuki perang, dan telah menargetkan ibu kota Saudi, Riyadh, dengan rudal jarak jauh. Tahun lalu mereka mengklaim serangan pesawat tak berawak yang menutup pipa minyak utama di Arab Saudi, yang dibalas dengan serangan udara terhadap ibu kota Yaman yang dikuasai pemberontak yang menewaskan warga sipil.

 4. Hamas dan Jihad Islam dari Palestina

Warga Palestina di Tepi Barat menggelar domonstrasi dan aksi protes atas pembunuhan wakil pemimpin politik Hamas, Saleh al-Arouri di Beirut.

Photo :
  • Mosab Shawer/Al Jazeera.

Iran telah lama mendukung kelompok pejuang Palestina, termasuk penguasa Hamas di Gaza dan khususnya kelompok Jihad Islam yang lebih kecil. Hamas berselisih dengan Iran setelah pemberontakan Musim Semi Arab tahun 2011, sehingga kehilangan bantuan bulanan senilai jutaan dolar, namun Teheran dikatakan terus melanjutkan dukungan militernya kepada sayap bersenjata Hamas.

Ketegangan meningkat di Gaza sejak Israel melakukan pembunuhan terhadap seorang komandan Jihad Islam bulan lalu, yang memicu pertempuran singkat selama dua hari. Hamas, yang telah merundingkan masa tenang dengan Israel melalui mediator Mesir, tidak ikut campur.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya