Perang Resmi Dimulai! Iran Telah Luncurkan Serangan ke Israel

Ilustrasi senjata misil Iran
Sumber :
  • X

Iran – Usai beberapa hari mengatakan akan segera membalas serangan, kini Republik Islam Iran secara resmi telah meluncurkan serangannya ke Israel.

Jokowi Khawatir Perang di Gaza Palestina Makin Dongkrak Harga Minyak Dunia

Iran, pada Sabtu malam waktu Timur Tengah, sudah meluncurkan serangan drone ke Israel. Hal itu dilaporkan Pasukan Pertahanan Israel (IDF). Menurut IDF, gelombang serangan Iran itu membutuhkan waktu berjam-jam untuk mencapai Israel. 

Rekaman yang beredar di media sosial menunjukkan drone Shahed 136 Iran terbang di atas Irak. 

Israel Serang Rafah, Sri Mulyani Sebut Picu Dampak dan Dinamika Luar Biasa

Drone Iran

Photo :
  • Times of Israel

Hal ini terjadi setelah berhari-hari antisipasi bahwa Iran sedang bersiap untuk menyerang Israel sebagai pembalasan atas serangan yang menewaskan seorang komandan penting Iran. 

Kelompok Hak Asasi Manusia Selidik 3 Kejahatan Perang Israel

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan sistem pertahanan negaranya telah dikerahkan dan angkatan bersenjata Israel siap.

Juru bicara Pasukan Pertahanan Israel Daniel Hagari mengumumkan serangan Iran tersebut di tengah kekhawatiran akan eskalasi regional. Hal itu menyusul serangan Israel terhadap komplek kedutaan Iran di Suriah pekan lalu, yang menewaskan 12 orang. 

"Kami mengikuti ancaman di wilayah udara. Ini adalah ancaman yang memerlukan waktu beberapa jam untuk sampai di Israel,” kata Hagari pada Sabtu malam waktu setempat, melansir Iran International, Minggu, 14 April 2024.

Adapun pekan lalu, Presiden Republik Islam Iran Ebrahim Raisi mengatakan dengan gamblang bahwa negaranya akan segera membalas dendam pada Israel usai serangan Israel pekan lalu.

12 orang dilaporkan tewas dalam serangan itu, termasuk Mohammad Reza Zahedi, seorang perwira di unit elit Korps Garda Revolusi Iran. “Kejahatan tidak adil ini tidak akan dibiarkan begitu saja,” kata Raisi menurut kantor berita Iran, Tasnim.

Presiden Iran Ebrahim Raisi dan PM Israel Benjamin Netanyahu

Photo :

Pemimpin Tertinggi Ali Khamenei dengan tegas menyatakan, “Rezim Zionis akan dihukum oleh tangan orang-orang pemberani kami." 

Menurut media pemerintah Iran, beberapa orang di antaranya adalah diplomat, meskipun duta besarnya, Hossein Akbari, dilaporkan tidak terluka.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya