Ini Ternyata Alasan Presiden AS Joe Biden Tak Mau Dukung Israel Jika Perang Lawan Iran

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden
Sumber :
  • Dok Joe Biden

Washington DC – Akhir pekan lalu, usai Iran melancarkan serangan balasan mereka ke Israel, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengatakan kepada Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dalam panggilan telepon bahwa AS tidak akan mendukung atau ikut campur jika Israel berencana menyerang balik Iran, kata seorang pejabat senior Gedung Putih

Prancis Siap Akui Palestina Sebagai Negara, Presiden Macron Masih Cari Waktu

Alasannya karena Biden dan para penasihat seniornya sangat khawatir bahwa tanggapan Israel terhadap serangan Iran itu akan mengarah pada perang regional dengan konsekuensi bencana, kata para pejabat AS, melansir laporan khusus Axios Senin, 15 April 2024. 

Pejabat Gedung Putih berkata bahwa ketika Biden mengatakan kepada Netanyahu jika AS tidak akan berpartisipasi dalam operasi ofensif apa pun terhadap Iran dan tidak akan mendukung operasi tersebut, Netanyahu berkata bahwa dia memahaminya.  

45 Orang Tewas, Ribuan Warga Palestina Terpaksa Tinggalkan Rafah Usai Serangan Israel

Presiden AS Joe Biden menggelar rapat respons serangan Iran ke Israel

Photo :
  • Dok Joe Biden

Sebuah laporan dari The New York Times juga mengatakan Biden menghalangi Netanyahu untuk menyetujui serangan balasan segera terhadap Iran. 

Pentolan Hizbullah: Darah Anak-anak Gaza Kotori Muka Israel!

Menurut laporan itu, beberapa anggota kabinet perang Israel mendukung peluncuran respons tersebut, namun kurangnya dampak serius yang ditimbulkan oleh Iran, selain pembicaraan Netanyahu dengan Biden, menyebabkan tindakan tersebut dibatalkan.

Para pejabat AS berkata bahwa Biden mengatakan kepada Netanyahu, Israel harus “berpikir dengan hati-hati dan strategis mengenai risiko eskalasi,” karena Israel masih mempertimbangkan bagaimana menanggapi serangan pesawat tak berawak dan rudal Iran. 

Sebelumnya pada hari Minggu, John Kirby, juru bicara keamanan nasional Gedung Putih, mengatakan bahwa Amerika Serikat akan terus membantu Israel mempertahankan diri, tetapi tidak ingin berperang dengan Iran. 

Ketika ditanya apakah Amerika Serikat akan mendukung pembalasan Israel terhadap Iran, Kirby mengatakan bahwa "komitmen kami sangat kuat untuk membela Israel dan untuk “membantu Israel mempertahankan diri.” 

“Seperti yang telah berulang kali dikatakan oleh presiden (Biden), kami tidak menginginkan perang yang lebih luas di kawasan ini. Kami tidak ingin berperang dengan Iran. Dan saya pikir saya akan berhenti di situ saja,” tambah Kirby. 

"Kami tidak menginginkan peningkatan ketegangan di kawasan ini. Kami tidak menginginkan konflik yang lebih luas,” lanjutnya.

Presiden Iran, Ebrahim Raisi

Photo :
  • X

Seperti diketahui, Iran melancarkan serangan drone dan rudal terhadap Israel pada Sabtu malam waktu setempat sebagai pembalasan atas serangan udara di Damaskus, Suriah yang menewaskan seorang jenderal penting Iran dan 11 orang lainnya. 

“Lebih dari 200 drone, rudal jelajah, dan rudal balistik ditembakkan dari Iran,” kata juru bicara IDF Laksamana Muda Daniel Hagari. 

Sebagian besar ancaman dicegat di luar wilayah udara Israel, katanya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya