Miris, Umat Muslim di Kota Monfalcone Italia Dilarang Salat Karena Aturan Baru

Ilustrasi salat dan sujud
Sumber :
  • ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat

Roma – Ratusan pria melaksanakan salat Jumat di kota Monfalcone, Italia timur laut. Mereka berlutut di tempat parkir beton dengan kepala tertunduk ke tanah.

Catat, Dokter Sarankan Jemaah Haji Bawa Obat-obatan Ini ke Tanah Suci

Mereka hanyalah sebagian kecil dari umat Islam di kota tersebut yang sejak November dilarang melaksanakan salat di dua pusat kebudayaan oleh wali kota Monfalcone, yang berhaluan sayap kanan.

ilustrasi sholat/salat/shalat

Photo :
  • Istimewa
Pemimpin Muslim Berpengaruh di Dunia Sebut Islamofobia Berawal dari Kesalahpahaman

Sebaliknya, mereka berkumpul di lokasi konstruksi milik pribadi ini sambil menunggu keputusan pengadilan akhir bulan ini untuk menyelesaikan masalah zonasi, yang menurut mereka telah menghalangi hak konstitusional mereka untuk beribadah.

Di antara mereka adalah Rejaul Haq, pemilik properti, yang mengungkapkan rasa frustrasinya atas apa yang dia dan banyak Muslim lainnya anggap sebagai pelecehan di kota mereka karena adanya larangan ibadah.

Pembubaran Ibadah Rosario Mahasiswa Katolik di Tangsel Dinilai Tak Mencerminkan Ajaran Islam

“Katakan padaku kemana aku harus pergi? Mengapa saya harus keluar dari Monfalcone? Saya tinggal di sini, saya membayar pajak di sini!" keluh Haq, warga negara Italia yang dinaturalisasi dan tiba dari Bangladesh pada tahun 2006.

“Katolik, Ortodoks, Protestan, Yehuwa, kalau mereka semua punya gerejanya sendiri, kenapa kita tidak bisa punya satu (masjid) saja?”

Melansir dari The Sundaily, Senin, 6 Mei 2024, sepertiga dari 30.000 penduduk kota yang tinggal di luar Trieste ini adalah imigran.

Sebagian besar dari mereka adalah Muslim Bangladesh yang mulai berdatangan pada akhir tahun 1990-an untuk membangun kapal pesiar bagi pembuat kapal Fincantieri, yang galangan kapal Monfalcone-nya merupakan yang terbesar di Italia.

Kehadiran mereka langsung terlihat, apakah itu laki-laki Bangladesh yang bersepeda ke dan dari tempat kerja atau di toko kelontong etnis di sudut jalan.

Bagi Wali Kota Anna Cisint, pembatasan salat itu soal zonasi, bukan diskriminasi. Peraturan perencanaan kota sangat membatasi pendirian tempat ibadah, dan sebagai wali kota di negara sekuler, ia mengatakan bahwa bukan tugasnya untuk menyediakan tempat ibadah.

“Sebagai wali kota, saya tidak menentang siapa pun, saya bahkan tidak akan menyia-nyiakan waktu saya untuk melawan siapa pun, tapi saya juga di sini untuk menegakkan hukum,” kata Cisint.

Dia juga berpendapat bahwa jumlah imigran Muslim, yang didorong oleh reunifikasi keluarga dan kelahiran baru, terlalu banyak berada di Monfalcone

“Ada terlalu banyak (warga imigran Muslim). Anda harus mengatakannya sebagaimana adanya,” ucapnya.

Peringatannya tentang ketidakberlanjutan sosial pada populasi Muslim di Monfalcone telah mendorong Cisint menjadi berita utama nasional dalam beberapa bulan terakhir.

Mereka juga telah menjamin dia mendapat tempat dalam pemilihan Parlemen Eropa mendatang untuk partai Liga anti-imigran pimpinan Matteo Salvini, yang merupakan bagian dari pemerintahan koalisi Perdana Menteri Giorgia Meloni.

Bendera Italia.

Photo :
  • Pixabay

Liga ini selama beberapa dekade telah menghalangi pembukaan masjid di basis mereka di Italia utara. Namun, masalahnya terjadi secara nasional di Italia yang mayoritas penduduknya beragama Katolik.

Islam juga tidak termasuk dalam 13 agama yang memiliki status resmi berdasarkan hukum Italia, sehingga mempersulit upaya pembangunan tempat ibadah.

"Saat ini, terdapat kurang dari 10 masjid yang diakui secara resmi," kata Yahya Zanolo dari Komunitas Keagamaan Islam Italia (COREIS), salah satu asosiasi Muslim utama di negara tersebut.

Hal itu berarti bahwa dari sekitar dua juta umat Islam di Italia, sebagian besar berada di ribuan tempat ibadah darurat, yang menimbulkan prasangka dan ketakutan pada populasi non-Muslim, menurut Zanolo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya