Bicara di KTT untuk Gaza, Prabowo Tegaskan Dukungan Kemerdekaan Palestina

Prabowo Subianto di KTT Tanggap Darurat Gaza di Amman, Yordania, Selasa, 11 Juni 2024. ( sumber: istimewa)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI, Prabowo Subianto menegaskan kembali dukungan pemerintah dan rakyat Indonesia atas kemerdekaan serta kedaulatan Palestina.

Banjir Ucapan Ultah, Jokowi: Terima Kasih, Kehangatan dan Dukungan Sangat Berarti

Hal itu ia sampaikan dalam Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) tanggap darurat Gaza bertajuk ‘Call for Action: Urgent Humanitarian Response for Gaza' yang digelar di Amman, Yordania, pada Selasa, 11 Juni 2024.

“Pemerintah Indonesia dan rakyat Indonesia sekali lagi menegaskan dukungan paling kuat bagi kemerdekaan dan kedaulatan Palestina sebagai solusi nyata atas konflik di Palestina dan di Gaza,” kata Prabowo.

Relawan Minta Jokowi Tak Buru-buru Balik ke Solo usai Pensiun Jadi Presiden

Prabowo Subianto di KTT Tanggap Darurat Gaza di Amman, Yordania, Selasa, 11 Juni 2024. ( sumber: istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Mulanya, Prabowo mengapresiasi langkah Yordania, Mesir, dan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang telah menginisiasi terselenggaranya Konferensi Tingkat Tinggi untuk Gaza ini.

Program 3 Juta Rumah Prabowo-Gibran Bakal Diandalkan Atasi Stunting

Lebih lanjut, Prabowo menyoroti negara-negara yang menganggap diri mereka sebagai bangsa yang modern dan beradab tetapi dapat melakukan tindak kejahatan serta pelanggaran hukum humaniter internasional.

Terlebih, yang menjadi korban adalah warga sipil dan infrastruktur sipil yang kemudian hal-hal itu disebut Prabowo sebagai bentuk pelanggaran tidak langsung terhadap hukum perang modern.

“Kami menyerukan kepada semua negara besar, untuk menggunakan pengaruh mereka yang besar untuk menegakkan konvensi hukum internasional,” kata Prabowo.

Prabowo Subianto di KTT Tanggap Darurat Gaza di Amman, Yordania, Selasa, 11 Juni 2024. ( sumber: istimewa)

Photo :
  • VIVA.co.id/Edwin Firdaus

Sebagai bagian dari masyarakat internasional, Prabowo mengatakan Indonesia turut mendukung sejumlah langkah strategis menuju terciptanya perdamaian, termasuk proposal gencatan senjata, salah satunya yang diajukan oleh Presiden Amerika Serikat, Joe Biden.

Indonesia juga siap berkontribusi pada semua upaya yang menuju kepada gencatan senjata di Gaza, dan mengambil peran usai gencatan senjata terlaksana.

“Indonesia siap berkontribusi pada semua upaya yang dapat mengarah pada gencatan senjata segera, dan mengambil bagian dalam semua tahapan setelah gencatan senjata segera tersebut,” kata Prabowo.

Pada KTT itu, Presiden RI terpilih hasil Pilpres 2024 ini juga menegaskan bahwa Indonesia akan terus berkontribusi untuk mewujudkan gencatan senjata, dan meyakini bahwa solusi dua negara (two state solution) merupakan solusi akhir atas konflik yang terjadi di antara Palestina-Israel.

“Meskipun kami bersedia mendukung dan berkontribusi pada semua upaya ini, solusi akhir untuk masalah ini adalah solusi dua negara. Hanya dengan solusi dua negara, Palestina serta Israel dapat hidup berdampingan secara aman dan tenteram, masalah ini dapat diselesaikan,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya