Lebih dari 1,5 Juta Jemaah Haji dari Seluruh Dunia Tiba di Arab Saudi

Para jamaah haji di Mekah, Arab Saudi.
Sumber :
  • AP Photo/Hassan Ammar)

Riyadh Jemaah haji telah berduyun-duyun ke kota suci Mekah di Arab Saudi menjelang dimulainya ibadah haji yang jatuh pada akhir pekan ini. Para pejabat Saudi mengatakan lebih dari 1,5 juta jamaah haji asing dari seluruh dunia telah tiba di negara itu, pada Selasa, 11 Juni 2024.

Operasional Pemulangan Berakhir, 62 Jemaah Haji Masih Dirawat di Rumah Sakit Arab Saudi

Melansir dari Arab News, Rabu, 12 Juni 2024, ratusan ribu warga Saudi serta orang lain yang tinggal di Arab Saudi juga akan bergabung untuk ibadah haji tahun ini.

Jamaah haji usai salat di Masjidil Haram

Photo :
  • ANTARA FOTO/Hani Sofia
Diberangkatkan dari Madinah, Kloter KJT-30 Tutup Fase Pemulangan Jemaah Haji Indonesia 2024

Para pejabat Saudi mengatakan mereka memperkirakan jumlah jamaah tahun ini akan melebihi tahun 2023. Para jamaah tersebut termasuk 4.200 warga Palestina dari Tepi Barat yang diduduki, yang tiba di Mekah awal bulan ini, menurut Kementerian Wakaf dan Urusan Agama Palestina.

Pada hari Selasa, jamaah memadati Masjidil Haram di Mekah, melakukan ritual berjalan tujuh kali mengelilingi Ka'bah, struktur berbentuk kubus di dalam masjid yang dianggap sebagai situs paling suci umat Islam.

KKHI Makkah Tingkatkan Layanan Kesehatan Jemaah Haji dengan 158 Pos Satelit dan Poliklinik Risti

Mereka mengenakan ihram, yaitu dua lembar kain putih yang tidak dijahit dan menyerupai kain kafan

Banyak yang terlihat membawa payung melawan sinar matahari, dalam suhu yang mencapai 42 derajat Celcius (107 Fahrenheit) saat siang hari.

"Saya merasa lega ketika sampai di Masjidil Haram dan melihat Ka'bah,” kata Rabeia Al-Raghi, seorang wanita Maroko yang datang ke Makkah untuk menunaikan ibadah haji bersama suami dan putrinya.

"Saya sangat senang."

Pada malam hari, pelataran marmer yang luas di sekitar Ka'bah dipenuhi jamaah, berjalan hampir bahu-membahu dan sering kali berdesak-desakan.

Peziarah melakukan pradaksina, yang dikenal sebagai “Tawaf” dalam bahasa Arab, setelah tiba di Makkah.

Kerumunan besar yang mengelilingi Ka'bah akan berlangsung hingga hari pertama haji.

Pada hari Jumat, 14 Juni 2024, jamaah akan berpindah ke Gunung Arafat untuk berjaga sepanjang hari, kemudian ke Muzdalifah, daerah dataran berbatu yang berjarak beberapa mil.

Jemaah Haji asal Indonesia di Muzdalifah

Photo :
  • MCH 2023 | Lutfi Dwi Pujiastuti

Di Muzdalifah, jamaah mengumpulkan kerikil untuk digunakan dalam pelemparan batu secara simbolis pada pilar yang melambangkan setan di Mina.

Salah satu pertemuan keagamaan terbesar di dunia, haji adalah salah satu dari Lima Rukun Islam. Semua umat Islam diwajibkan untuk melakukannya setidaknya sekali dalam hidup mereka jika mereka mampu secara fisik dan finansial untuk melakukannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya