Bulan Depan PM Baru Australia Kunjungi RI

Julia Gillard Siap Menangi Pemilu Australia
Sumber :
  • AP Photo/Mark Graham

VIVAnews - Perdana Menteri (PM) baru Australia, Julia Gillard, berencana kunjungi Indonesia awal November mendatang. Selain Indonesia, perempuan pertama yang jadi PM di Negeri Kanguru itu juga menyambangi Malaysia dan Vietnam.
 
"Dia akan mengunjungi Indonesia atas undangan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 1-2 November 2010," ungkap laman stasiun televisi ABC News, Jumat 22 Oktober 2010.

Pada pertemuan pertama dia dengan Yudhoyono, Gillard akan membicarakan peningkatan hubungan dalam bidang ekonomi, keamanan, pembangunan dan lingkungan. “Indonesia adalah mitra penting Australia. Kita berbagi nilai dan kepentingan serta berkerja sama erat dalam mengatasi tantangan global dan regional,” ujar Gillard.

Lawatan ini merupakan balasan atas kunjungan Yudhoyono ke Australia Maret lalu, sekaligus memenuhi komitmen bersama bahwa pemimpin kedua negara rutin untuk saling kunjung setiap tahun.

Gillard sebelumnya merupakan deputi PM di masa pemerintahan Kevin Rudd. Namun dia berhasil tampil jadi PM pada 23 Juni 2010 setelah Rudd dipaksa mundur sebagai ketua Partai Buruh, yang menguasai pemerintahan. Rudd kini merupakan bawahan Gillard setelah ditunjuk menjadi menteri luar negeri. (sj)

Arkhan Fikri Jadi Sorotan Usai Indonesia U-23 ke Semifinal
Pratama Arhan dan Azizah Salsha berpelukan

Momen Pratama Arhan Peluk Mesra Azizah Salsha Usai Timnas Indonesia Lolos Piala Asia U-23

Setelah Timnas Indonesia U-23 berhasil melaju ke semifinal Piala Asia U23 2024 pada Jumat 26 April dini hari, Pratama Arhan dan Azizah Salsha menampilkan momen kemesraan.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024