Afsel Dukung ASEAN Gelar Piala Dunia 2030

Piala Dunia FIFA
Sumber :
  • santabanta

VIVAnews - Afrika Selatan (Afsel) berjanji memberi dukungan penuh kepada ASEAN bila perhimpunan negara Asia Tenggara itu kompak mencalonkan diri sebagai tuan rumah bersama turnama sepakbola Piala Dunia 2030. Afsel sendiri sukses menggelar kompetisi olahraga terpopuler di dunia itu pada 2010.

Janji diutarakan oleh Duta Besar Afsel untuk ASEAN, Noel Noa Lehoko, Kamis 20 Januari 2011. Saat itu, Lehoko menyerahkan surat kepercayaan sebagai Dubes Afsel kepada Sekretaris Jenderal ASEAN, Surin Pitsuwan, di Sekretariat ASEAN, Jakarta.

"Setelah sukses menggelar Piala Dunia 2010, yang merupakan salah satu ajang olahraga terbesar di dunia, Afrika Selatan berperan dalam mendukung kemanusiaan," kata Lehoko. "Ajang itu merupakan hasil dari kerja keras dan kebanggaan kami. Maka, akan menjadi kehormatan bagi Afrika Selatan untuk berbagi pengalaman dengan ASEAN," lanjut Lehoko.

Mewakili ASEAN, Pitsuwan mengucapkan selamat atas suksesnya Afsel menyelenggarakan Piala Dunia 2010. Ide menjadi tuan rumah bersama Piala Dunia 2030 digulirkan pada pertemuan menteri luar negeri ASEAN di Lombok pekan lalu.

Sementara itu, ASEAN dan Afsel membicarakan upaya kerjasama di tingkat internasional, diantaranya penyamaan visi atas berbagai agenda di Perserikatan Bangsa-bangsa, G20, Komunitas Pembangunan Kawasan Afrika Selatan, Uni Afrika, dan Gerakan Non Blok, dan Kerjasama Selatan-Selatan. 




 

Banjir Bandang Akibatkan Akses Jalan Padang-Bukittinggi Terputus
Kartu BPJS Kesehatan

Jokowi Teken Aturan Baru, Tarif Iuran BPJS Kesehatan Bakal Diubah!

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menandatangani peraturan terbaru terkait jaminan kesehatan. Iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan bakal diubah.

img_title
VIVA.co.id
13 Mei 2024