Jawaban Puitis Heru Budi Hartono Usai Namanya Masuk Bursa Cagub Jakarta

Presiden Jokowi bersama Penjabat Gubernur DKI Heru Budi Hartono
Sumber :
  • Biro Pers Sekretariat Presiden

Jakarta - Penjabat Gubernur Jakarta, Heru Budi Hartono, memberi jawaban yang puitis saat ditanya terkait dengan calon gubernur atau cagub Jakarta. Nama Heru masuk dalam survei sebagai salah satu bakal calon yang potensial diusung di Pilkada 2024.

Elite Gerindra Blak-blakan Akui Lirik Kaesang Jadi Calon Wakil Gubernur Jakarta

"Gini, hari esok itu penuh misteri. Biarlah alam semesta yang menjawab," kata Heru Budi kepada wartawan, di kawasan Rorotan, Jakarta Utara pada Senin, 13 Mei 2024.

Nama Heru Budi dalam bursa Cagub Jakarta menempati posisi ketiga berdasarkan temuan Lembaga Arus Survei Indonesia jelang Pilgub Jakarta 2024. 

Elektabilitas Tokoh-tokoh PDIP untuk Pilkada Jateng Masih Rendah, Menurut Survei Proximity

Survei tersebut dilakukan dengan cara tatap muka dengan menggunakan kuesioner dan enumerator. Penarikan sampel melalui metode multistage random sampling dengan jumlah sampel 400 responden, margin of error (MoE) adalah +/- 4,9 persen. Pengambilan data survei dilakukan pada 23-29 April 2024.

Direktur Eksekutif ASI, Ali Rif'an, menjelaskan, Anies Baswedan menempati posisi pertama, sedangkan kedua ada nama Ridwan Kamil.

Wamendagri Dampingi Wapres Canangkan Program Strategis Nasional dan Provinsi Papua Pegunungan

Top of Mind Kandidat Gubernur DKI Jakarta 2024:

Anies Baswedan 19,8 %
Ridwan Kamil 15,8 %
Heru Budi Hartono 7,8 %
Basuki Tjaja Purnama (Ahok) 5,8 %
Ahmad Sahroni 3,5 %
Tri Rismaharini 1,8 %
Kaesang Pangarep 1,6 %
Ahmad Riza Patria 0,8 %
Bima Arya 0,5 %
Mardani Ali Sera 0,5 %
Tidak tahu/tidak jawab 42,9 %

Tak hanya itu, kinerja Heru Budi juga diapresiasi karena meraih angka kepuasan publik hingga 60 persen lebih. Ketua Umum Rumah Aktivis Institute (RAI), Andri Nurkamal menilai, tingkat kepuasan publik tersebut akan kian meningkat lantaran Heru terus menggencarkan program pelayanan yang efektif, efisien dan tepat sasaran.

Menurutnya, pengalaman Heru menjadi Pj Gubernur cukup menjadi dasar untuk terus memimpin Jakarta lima tahun ke depan guna menyukseskan pembangunan berkelanjutan.

"Kepuasan publik bagus. Itu baru Pj, punya modal mumpuni, punya prestasi buat jadi Gubernur (definitif). Setidaknya lima tahun ke depan proses pembangunan DKJ dan Kota Global harus berkelanjutan. Mas Heru ibaratnya sudah meng-ground breaking, tinggal seterusnya pembangunan itu dilanjutkan, tentu idealnya dia harus terpilih lagi," ujar Andri di Jakarta, Minggu, 10 Mei 2024.

Andri menuturkan, dari sisi lingkungan, Heru memiliki political will guna mewujudkan iklim lingkungan yang sehat, bersih, produktif dan hijau. Menurutnya, keseriusan Heru dalam merawat lingkungan dibuktikan dengan pemanfaatan ruang terbuka sebagai lahan tanam produktif melibatkan perangkat pemerintahan serta warga setempat.

"Sebagai wujud keberhasilan dalam mengelola kebersihan dan lingkungan perkotaan pun, DKI kan dapat penghargaan juga dari Kementerian LHK, seluruh kota dan kabupaten dapat Adipura. Jakpus, Jakut, Jaktim, Jakbar, Pulau Seribu dapat Adipura, Jaksel juga dapat. Gak kaleng-kaleng lah," sebutnya.

Bahkan, katanya, Pemprov DKI Jakarta di bawah komando Heru Budi juga meraih penghargaan dari Kemendagri atas komitmen Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) bidang infrastruktur dalam pembangunan sarana serta prasarana.

Penghargaan Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (TP2DD) Terbaik Tingkat Provinsi di Regional Jawa-Bali, penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Berkinerja Terbaik Jawa-Bali, hingga Innovative Government Award (IGA) Tahun 2023.

"Mungkin sebagian kecil orang banyak yang mencibir, nyinyir bahkan men-downgrade Heru. Tapi itu biasa namanya dinamika berpemerintahan. Tapi bukti-bukti riil itu tidak bisa dibantah, bahwa bagi dia tidak perlu banyak bicara yang penting kerja nyata. Dan sosok seperti ini yang diperlukan untuk mimimpin Jakarta ke depan," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya