Gunung Filipina Meletus Lagi, Warga Mengungsi

Asap letusan Gunung Bulusan di Filipina
Sumber :
  • AP Photo/Aldrin Recebido

VIVAnews - Ribuan warga di Provinsi Sorgoson, Filipina, menyelamatkan diri ke tempat pengungsian saat Gunung Bulusan memuntahkan abu vulkanik ke udara. Letusan yang terjadi Senin, 21 Februari 2011, merupakan yang ke-13 kali bagi gunung di Pulau Luzon itu sejak tahun lalu.

Seperti dilansir kantor berita Associated Press, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Filipina, Benito Ramos, mengatakan sekitar 1.200 warga berbondong-bondong menyelamatkan diri ke pengungsian maupun ke rumah kerabat.

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri

Ramos mengatakan bahwa letupan abu vulkanik Gunung Bulusan mencapai hingga dua kilometer ke udara. Debu vulkanik kini menghujani empat kota di Provinsi Sorgoson. Truk-truk tentara dikerahkan untuk membantu pengungsian di wilayah hujan abu. Tim medis juga telah membagikan masker kepada para warga.

Ahli vulkanologi Filipina, Renato Solidum, mengatakan bahwa Bulusan telah memuntahkan abu vulkanik sebanyak 13 kali sejak November tahun lalu. Solidum mengatakan bahwa kawah Bulusan yang panas terpapar air sehingga menyebabkan letusan. Letusan, ujarnya, masih akan terjadi dalam beberapa minggu ke depan.

Walaupun sering meletus, menurut Solidum belum ada tanda-tanda letusan akan mengarah ke tingkat yang membahayakan, seperti keluarnya lahar dari kawah maupun abu panas yang turun ke pemukiman. (kd)

Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024