Koalisi Oposisi Bahrain Sampaikan Tuntutan

Demo Bahrain
Sumber :

VIVAnews - Para pemimpin oposisi di Bahrain menyampaikan beberapa poin tuntutan kepada pemerintahan Raja Hamad bin Isa Al Khalifa. Hal ini menyusul dibebaskannya ratusan tahanan politik oleh pemerintah Bahrain sebagai upaya memenuhi tuntutan demonstran.

Seperti dilansir dari laman The Wall Street Journal, Kamis, 24 Februari 2011, kelompok oposisi ini merupakan gabungan dari tujuh partai oposisi pemerintah, termasuk di antaranya adalah oposisi Syiah Al-Wefaq. Diantara poin tuntutan tersebut adalah semua tahanan politik dibebaskan, reformasi pemilu, pembentukan pemerintahan nasional yang baru, dan dibentuknya tim investigasi atas kematian tujuh orang demonstran pada bentrokan dengan aparat keamanan pekan lalu.

Sebelumnya, Rabu, 23 Februari 2011, dilansir dari laman The Los Angeles Times, pemerintah Bahrain membebaskan sedikitnya 300 orang tahanan politik. Sebanyak 25 tahanan di antaranya adalah para aktivis dan blogger serta para ulama Syiah. Mereka ditahan tahun lalu atas tuduhan rencana menggulingkan pemerintah. Dilaporkan, masih terdapat lebih dari 300 tahanan lagi yang masih di penjara.

Bukannya menenangkan para demonstran, pembebasan para tahanan justru menambah semangat rakyat untuk menggulingkan pemerintahan. Demonstrasi besar digelar di kota Manama pada Rabu, menyambut pembebasan para tahanan. Mereka menuntut Raja Hamad bin Isa Al Khalifa lengser dan Kerajaan Bahrain dibubarkan.

Demonstrasi menentang pemerintahan di Bahrain dimulai awal pekan lalu. Mereka mengeluh sulitnya mendapat pekerjaan dan perumahan yang layak. Demonstran yang kebanyakan adalah penganut Syiah juga merasa muak dengan diskriminasi yang dialamatkan pemerintah kepada mereka. Demonstrasi massa digempur oleh aparat keamanan pada Kamis dini hari pekan lalu, menewaskan sedikitnya tujuh orang.

Kendati Syiah merupakan warga mayoritas, namun para penguasa merupakan penganut aliran Suni. Pemerintah memperketat warga Syiah untuk menjadi pegawai pemerintahan, kepolisian dan militer. Maka, mereka menuntut rezim monarki Suni yang diskriminatif diganti dengan pemerintahan baru yang lebih toleran. (umi)

6 Kebiasaan Masyarakat Indonesia yang Tidak Boleh Dilakukan di Tanah Suci
Gelandang Arsenal, Thomas Partey saat melawan Rapid Wien

Barcelona Belanja di Inggris, Gelandang Arsenal Masuk Daftar

Barcelona sedang merencanakan belanja pemain di Inggris untuk bursa transfer musim panas mendatang. Gelandang Arsenal dikabarkan masuk dalam daftar incaran.

img_title
VIVA.co.id
4 Mei 2024