Bandara Islandia Ditutup Akibat Abu Grimsvotn

Kepulan asap abu dari letusan gunung di Eyjafjallajokull, Islandia
Sumber :
  • AP Photo/Brynjar Gauti

VIVAnews - Bandara internasional Keflavik, Islandia ditutup pada Minggu 22 Mei 2011, setelah gunung berapi Grimsvotn mengeluarkan abu dan asap sejauh 20 kilometer.

Menurut kantor berita CBCnews, abu diperkirakan tersebar di Islandia selama beberapa jam, menutup Keflavik dan bandara lain di pulau itu.

Kantor Meteorologi Islandia mengatakan, abu dan asap tidak menuju Eropa. Abu bertiup menuju ke Greenland, bukan ke arah barat.

Grimsvotn merupakan gunung berapi yang terletak di bawah gletser Vatnajökull. Grimsvotn terakhir meletus pada 2004.

Para pejabat setempat mengatakan, letusan Grimsvotn tidak berdampak sama dengan letusan gunung berapi Eyjafjallajokull musim semi 2010. Akibat letusan Gunung Eyjafjallajokull itu, pejabat Islandia menutup sebagian besar wilayah udara Eropa.

Pejabat menutup ruang udara di benua itu selama lima hari pada April 2010, karena dikhawatirkan abu dapat merusak mesin jet. Akibat penutupan itu, sekitar 10 juta wisatawan terdampar. (art)

Syuting Tak Berizin, Artis dan Kru Variety Show Pick Me Trip In Bali Diperiksa Imigrasi Ngurah Rai
Ilustrasi tahanan diborgol

Tabrak dan Hendak Rampas Mobil, 6 Debt Collector Sadis Ditangkap Polres Labusel

Satuan Reserse Kriminal Polres Labuhanbatu Selatan (Labusel), berhasil menangkap 6 debt colector sadis, yang hendak mengambil mobil korban dengan cara ditabrak.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024