Australia Bebaskan 3 WNI di Bawah Umur

Michael Tene
Sumber :
  • VIVAnews / Dokumentasi Kementrian Luar Negeri RI

VIVAnews - Pemerintah Australia akan segera membebaskan tiga warga negara Indonesia yang diduga terlibat dalam jaringan penyelundupan manusia. Ketiga orang ini terbukti berusia di bawah umur sehingga tidak akan diproses pelanggaran hukumnya.

Hal ini disampaikan oleh juru bicara Kementerian Luar Negeri, Michael Tene, pada Jumat, 17 Juni 2011. Tene mengatakan bahwa Kemlu baru saja mendapatkan informasi mengenai rencana pembebasan ke tiga remaja tersebut dari pemerintah Australia. Namun, rincian laporan pembebasan masih belum diterima oleh kemlu.

"Informasi ini baru saja kami terima, kami masih menunggu rinciannya dalam waktu dekat," ujar Tene.

Ketiga pemuda yang berasal dari pulau Rote, NTT, ini ditangkap ditangkap dalam sebuah kapal pengangkut pencari suaka di dekat Ashmore Reef 14 bulan lalu. Ketiganya ditahan di penjara superketat Arthur Gorrie di Brisbane sejak Oktober 2010. Proses pengadilan baru berjalan pada Januari 2011.

Mereka mengaku di bawah umur. Sesuai hukum Australia, jika tersangka berada di bawah umur 18 tahun, maka akan dibebaskan dan lepas dari semua tuduhan. Namun, perlu dilakukan berbagai pengujian untuk membuktikan klaim mereka, termasuk melakukan pengujian x-ray pergelangan tangan.

"Di Australia ada kebijakan umur di bawah dewasa bisa dipulangkan tanpa harus diproses hukum selanjuitnya," ujar Tene.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Tene mengatakan bahwa perwakilan Indonesia di Australia telah melakukan pengawalan kasus tersebut dan sebelumnya telah meminta agar kasus ini tidak berlarut-larut. Indonesia juga sebelumnya telah meminta agar para ABK yang mengaku di bawah umur tidak ditempatkan di penjara dewasa, tapi di penjara khusus anak-anak.(umi)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024