PM Prancis: RI Selaraskan Islam dan Demokrasi

Francois Fillon
Sumber :
  • AP Photo/Jacques Brinon

VIVAnews - Perdana Menteri Prancis memuji iklim demokratisasi di Indonesia yang sejalan dengan mayoritas penduduknya yang Muslim. Indonesia juga dinilai sukses dalam menciptakan harmonisasi rakyatnya dengan prinsip Bhinneka Tunggal Ika.

PM Prancis, Francois Fillon, pada kuliah umum di Universitas Indonesia, Jumat, 1 Juli 2011, mengatakan anggapan beberapa komunitas internasional yang menyebut Islam tidak sejalan dengan demokrasi terbukti tidak benar. Dia mengundang orang-orang yang berpikiran seperti itu untuk menyambangi Indonesia.

"Selama ini ada saja suara sumbang yang mengatakan Islam tidak cocok dengan demokrasi. Saya rasa mereka yang terkungkung dalam paradigma itu harus datang ke Jakarta karena dinamisme, keberhasilan, dan model demokrasi di Indonesia akan membuka mata mereka."

Lelaki yang hobi travelling ini juga mengagumi keragaman budaya di Indonesia. Dia mengatakan berbagai daerah di Indonesia memiliki kebudayaan yang kaya dan berbeda-beda, namun tetap harmonis karena berpegang pada prinsip yang sama.

"Falsafah Bhinneka Tunggal Ika yang dianut bangsa ini telah sukses menjadi model yang baik untuk rakyat," ujar Fillon.

Keberagaman inilah yang menjadi daya tarik pariwisata Indonesia di mata para wisatawan asing, termasuk di antaranya 150 ribu wisatawan asal Prancis. "Karya peradaban Indonesia yang cemerlang berlanjut dengan menjaga warisan budaya yang beragam, yang menjadi daya tarik bagi para turis," kata Fillon.

Kuliah umum yang disiarkan juga di 17 kampus di tanah air selain dihadiri oleh mahasiswa juga dihadiri oleh 20 pengusaha besar serta para duta besar dari negara-negara bekas koloni Prancis. Tampak pula Menteri Pendidikan Muhammad Nuh, Menteri Kesehatan Endang Rahayu Sedyaningsih dan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendiknas Djoko Santoso di antara para undangan dari Indonesia. (umi)

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024