Israel Akan Hadang Armada Bantuan ke Gaza

Salah satu kapal dalam armada bantuan Flotilla II.
Sumber :
  • AP Photo/Darko Bandic

VIVAnews - Pemerintah Israel akan menghentikan armada pemberi bantuan ke Gaza yang rencananya berlayar pada akhir minggu ini. Israel berdalih hal ini dilakukan demi keselamatan rakyat mereka dari serangan warga Palestina di Gaza.

Dilansir dari laman Haaretz, Kamis, 30 Juni 2011, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengatakan Israel berhak melakukan hal tersebut. Penghadangan, ujarnya, dilakukan untuk mencegah perangkat persenjataan ikut diselundupkan ke Gaza.

"Israel memiliki hak penuh menghentikan penyelundupan misil, roket, dan persenjataan lainnya ke tempat persembunyian Hamas (Gaza). Hamas adalah musuh nyata, yang akan menghancurkan kota kami, dan membunuh anak-anak kami," ujar Netanyahu.

Misi pemberangkatan armada bantuan bernama 'Freedom Flotilla II - Stay Human' rencananya akan dilakukan pada beberapa hari lagi. Armada ini adalah armada kedua setelah armada sebelumnya tahun lalu dihentikan oleh tentara Israel di perairan internasional. Belasan aktivis Turki tewas dalam peristiwa ini, beberapa wartawan Indonesia juga terluka.

Seperti tahun sebelumnya, armada 10 kapal ini berusaha menembus blokade Israel untuk memberikan bantuan kepada rakyat Gaza. Beberapa aktivis dari Indonesia, Mer-C, dilaporkan juga termasuk dalam 1.000 aktivis yang turut serta.

Belum lagi berangkat, beberapa kapal flotilla II telah mengalami sabotase, diduga dilakukan oleh orang-orang suruhan Israel. Akibat peristiwa ini, hari keberangkatan menjadi mundur. Beruntung kerusakan dapat segera ditemukan, jika tidak, bisa dipastikan banyak orang yang tewas.

"Ini adalah upaya pembunuhan. Mereka merusak baling-baling kapal. Ini adalah kapal kecil, jika baling-baling rusak maka akan tenggelam," ujar juru bicara para aktivis, Raymond Deane.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024