Kasus News of the World

Saksi Kunci Skandal Tabloid Tewas Misterius

Edisi terakhir tabloid News of the World, 10 Juli 2011
Sumber :
  • AP Photo/Sang Tan

VIVAnews - Korban jiwa jatuh terkait skandal penyadapan telepon oleh tabloid asal Inggris, News of the World. Satu dari jurnalis yang melaporkan kasus itu ditemukan tewas, Senin, 18 Juli 2011.

Jasad Sean Hoare, mantan pekerja di News of the World, yang bersaksi bahwa Andy Coulson merupakan orang yang menyarankan penyadapan telepon itu, ditemukan tewas di rumahnya di Watford, Hertfordshire--setelah keberadaannya sempat dikawatirkan. Demikian dikabarkan British Press Association.

"Kematiannya dianggap 'tidak dapat dijelaskan', tapi tidak termasuk kategori mencurigakan", demikian kutipan laporan Kepolisian Hertfords.

SitusĀ Guardian melaporkan, Hoare baru-baru ini pernah mengalami cedera di bagian hidung dan kaki dalam sebuah kecelakaan. Namun belum jelas apakah itu terkait kematiannya.

Untuk diketahui, Hoare secara terbuka menuduh News of the World melakukan penyadapan telepon dan menggunakan 'pinging'--metode untuk melacak telepon genggam seseorang menggunakan teknologi yang hanya bisa digunakan oleh aparat kepolisian dan pejabat keamanan.

Dia adalah satu dari sedikit sumber New York Times yang bersedia namanya dipublikasikan dalam laporan investigatif tentang dugaan penyadapan telepon sebuah tabloid.

Secara terang-terangan ia menuduh Andy Coulson--mantan editor News of the World, yang belakangan menjadi direktur komunikasi Pedana Menteri, David Cameron--sebagai pihak yang bersalah. Seperti pernah dimuat New York Times, Hoare digambarkan sebagai teman dekat Coulson.

Sebelumnya, skandal tabloid News of the World juga membuat mantan eksekutif News International Corp. ditangkap polisi. Kasus ini juga memicu pengunduran diri Kepala Polisi London.

Menurut kantor berita Associated Press, Kepala Kepolisian Metropolitan London, Paul Stephenson, menyatakan mundur pada Minggu waktu setempat. Menurut Stephenson, keputusan ini diambil akibat dirinya tidak tahan menghadapi berbagai "spekulasi dan tuduhan" kepada dirinya terkait praktik jurnalisme tidak etis dari News of the World, seperti menyadap percakapan telepon dan menyogok polisi untuk mendapat informasi eksklusif.

Pasalnya, Stephenson pernah merekrut Neil Wallis menjadi salah seorang staf khusus. Sebelum menjadi staf khusus Kepala Polisi London selama setahun hingga September 2010, Wallis adalah seorang editor News of the World. Wallis pekan lalu sudah ditahan polisi terkait skandal yang dilakukan tabloid yang pernah dia kelola. (sumber: CNN)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024