Tanggapi Krisis Libya, RI Gulirkan Tiga Sikap

Pertemuan Menlu Thailand, Kamboja, dan Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa, mewakili Pemerintah Indonesia, menyampaikan pernyataan atas perkembangan situasi terakhir di Libya. Sejak awal pekan ini, pasukan pemberontak berhasil masuk ke Tripoli, ibukota Libya yang menjadi basis rezim Muammar Khadafi. Keberadaan Khadafi belum diketahui dan pertempuran di Tripoli masih berlangsung.

Bagi Menlu Natalegawa, perkembangan di Libya kini telah memasuki tahap yang penting dan menentukan. "Pemerintah Indonesia selama ini telah memberi perhatian yang mendalam atas perkembangan di negara tersebut," kata Natalegawa dalam pernyataan yang dikirim ke VIVAnews, 23 Agustus 2011.

Maka, menurut Natalegawa, pemerintah telah dan ke depan akan senantiasa memajukan tiga prinsip utama. Prinsip pertama, agar penduduk sipil di Libya diberi perlindungan penuh dan tidak dibiarkan menjadi korban tindak kekerasan oleh pihak manapun juga.

"Kedua, bahwa situasi di Libya akhirnya hanya dapat diselesaikan melalui proses politik yang memberikan kesempatan kepada rakyat Libya untuk menentukan sendiri masa depannya," kata Natalegawa.

Dan ketiga, agar masyarakat internasional, khususnya PBB, berperan secara lebih aktif dalam menciptakan kondisi yang kondusif bagi perlindungan warga sipil di Libya serta digulirkannya proses politik termaksud.

Pemerintah Indonesia juga berharap bahwa perkembangan terkini di Libya akan menjadi awal bagi segera diakhirinya tindak kekerasan terhadap penduduk sipil dan digulirkannya suatu proses politik yang memungkinkan seluruh komponen bangsa Libya untuk menentukan masa depan secara demokratis.

Menurut Natalegawa, pemerintah Indonesia senantiasa menghargai dan mendukung pilihan yang diambil oleh rakyat Libya karena mereka yang "paling mengetahui apa yang terbaik bagi masa depan bangsa dan negaranya."

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem
Selena Gomez

Selena Gomez Absen di Met Gala 2024, Ternyata Gara-gara Ini

Selena Gomez jadi salah satu seleb yang sangat dirindukan tampil di karpet merah Met Gala 2024, tapi sayang tahun ini harus absen sama seperti Rihanna juga Taylor Swift.

img_title
VIVA.co.id
8 Mei 2024