Pemimpin Sekte Poligami Sekarat

Ilustrasi. Peristiwa Blood Moon yang dipercaya sekte Mormon.
Sumber :
  • news.com

VIVA - Warren Jeff, pemimpin sebuah sekte poligami di Amerika Serikat, menjalani perawatan medis dan sedang dalam kondisi koma, sejak Senin, 29 Agustus 2011. Kondisinya memburuk akibat dia tidak makan selama berhari-hari sejak divonis penjara seumur hidup awal bulan ini.

Kepada Associated Press, seorang dokter yang menangani kesehatan pemimpin 'Gereja Fundamentalis Yesus Kristus dari Orang-orang Suci Zaman Akhir' itu belum dapat memastikan lama perawatan yang dibutuhkannya. Ia hanya berharap kondisi Jeff segera membaik.

Sang pengacara, Emily Detoto, mengatakan bahwa kliennya dibawa ke East Texas Medical Center pada Minggu malam. Namun, ia juga menolak menjelaskan rincian penyakit pria berusia 55 tahun itu.

Juru Bicara Departemen Kehakiman Texas, Michael Lyons, menyebut kondisi Jeff kritis. Ia mendengar bahwa Jeff berpuasa sejak awal bulan ini. Namun, ia belum bisa memastikan berapa lama Jeff tak mengkonsumsi makanan sama sekali sebelum jatuh sakit.

Jeff menerima vonis hukuman penjara seumur hidup atas kasus pelecehan seksual terhadap dua perempuan di bawah umur. Mereka termasuk dua di antara 24 perempuan di bawah umur yang dipaksa menjalani pernikahan spiritual dengannya.

Di persidangan, jaksa menunjukkan hasil tes DNA yang membuktikan bahwa Jeff adalah ayah biologis dari anak yang dilahirkan salah satu perempuan berusia 15 tahun. Jaksa juga memperdengarkan rekaman audio yang memperkuat dugaan pelecehan seksual yang dilakukan Jeff terhadap anak perempuan berusia 12 tahun.

Berdasar dokumen pengadilan, bukan kali ini saja Jeff bertaruh nyawa. Ia pernah mencoba bunuh diri saat menghadapi tuduhan perkosaan di Washington, Januari 2007. Selain mencoba gantung diri, dia juga nekat membenturkan tubuh dan kepalanya ke dinding penjara. Namun, kepada psikiater yang menanganinya, ia mengaku tidak benar-benar berusaha bunuh diri.

Lewat perbincangan dengan kakaknya yang direkam petugas penjara, Jeff pernah tak makan dan tidur sama sekali selama tiga hari. Dokumen pengadilan mengatakan ia kehilangan berat badan sekitar 14 kilogram akibat mengalami dehidrasi dan menderita kurang tidur. Ia menerima pengobatan untuk pasien depresi.

Di Texas, Jeff mendiami ruang tahanan bersel pelindung. Senang menyendiri, ia keluar dari selnya hanya untuk mandi. Ia tak pernah bergabung dalam aktivitas bersama tahanan lain. Atas berbagai kasus yang menyeret, ia tidak memenuhi syarat untuk mendapat pembebasan bersyarat sampai setidaknya 100 tahun.

Prinsip-prinsip dasar sektenya berakar pada warisan awal ajaran gereja Mormon, bahwa pernikahan jamak akan menghantarkan penganutnya ke surga.

Terpopuler: Ramalan Zodiak Virgo-Pisces, Kisah Menuju Allah Pemimpin Sekte Digangu Iblis

Baca juga: Tokoh Sekte Poligami Dipenjara Seumur Hidup

Pengikut Sekte Yahudi Hasidic Gali Terowongan di New York

Pengikut Sekte Yahudi Hasidic Gali Terowongan di New York, 9 Orang Ditangkap

Sembilan anggota komunitas Yahudi Hasidic di New York telah ditangkap dan didakwa atas terowongan rahasia yang menghubungkan ke sinagoga bersejarah.

img_title
VIVA.co.id
11 Januari 2024