Pengikut Sekte Yahudi Hasidic Gali Terowongan di New York, 9 Orang Ditangkap

Pengikut Sekte Yahudi Hasidic Gali Terowongan di New York
Sumber :
  • Tangkapan layar

New York – Sembilan anggota komunitas Yahudi Hasidic di New York telah ditangkap dan didakwa atas terowongan rahasia yang menghubungkan ke sinagoga bersejarah, dikutip dari BBC.

Ada Luka Tembus Pelipis Anggota Satlantas Polresta Manado yang Ditemukan Tewas di Mampang

Mereka melawan polisi setelah pejabat kota dan pemimpin markas besar Chabad-Lubavitch datang untuk menutup terowongan.

Pengikut Sekte Yahudi Hasidic Gali Terowongan di New York

Photo :
  • Tangkapan layar
Anggota Polresta Manado Ditemukan Tewas di Mampang Sedang Cuti

Orang-orang tersebut didakwa melakukan kejahatan kriminal, membahayakan secara sembrono dan menghalangi administrasi pemerintahan. Juru bicara Chabad menyebut mereka sebagai "sekelompok mahasiswa ekstremis".

Terowongan tersebut dibangun di bawah jalan utama di Brooklyn, tempat kantor pusat Chabad-Lubavitch. Bangunan ini adalah salah satu situs Yahudi paling penting di kota.

Polisi Ditemukan Tewas di Mampang Jaksel dengan Luka Tembak di Kepala

Inspektur kota dipanggil ke Chabad pada hari Senin untuk melakukan inspeksi struktural darurat. Ada kekhawatiran bahwa terowongan ilegal tersebut dapat menyebabkan kerusakan pada properti terkenal tersebut.

Perkelahian terjadi setelah polisi menemukan sekelompok pemuda menghalangi upaya pemeriksaan dan pengisian terowongan dengan semen. Beberapa pria kemudian menerobos dinding ruang salat. Tindakan itu berujung pada penangkapan.

Pengikut Sekte Yahudi Hasidic Gali Terowongan di New York

Photo :
  • Tangkapan layar

Rabi Yehuda Krinsky, ketua Chabad, berterima kasih kepada polisi atas upaya mereka dan mengatakan masyarakat sedih karena vandalisme yang dilakukan sekelompok agitator muda.

“Tindakan keji ini akan diselidiki, dan kesucian sinagoga akan dipulihkan,” katanya.

Tidak jelas siapa yang membangun terowongan tersebut, bagaimana mereka melakukannya dan apa motivasi mereka. Tampaknya terowongan itu terhubung ke setidaknya satu bangunan lain di jalan di Brooklyn.

Seorang warga setempat mengatakan kepada New York Times bahwa orang-orang tersebut berusaha membangun terowongan untuk mempercepat perluasan sinagoga.

Beberapa anggota yang menghadiri kebaktian dan acara di Chabad dilaporkan mengeluhkan kepadatan yang berlebihan di gedung tersebut dalam beberapa tahun terakhir.

Namun, video dan foto dari dalam gedung pada hari Senin menunjukkan sekelompok kecil yang sebagian besar terdiri dari pria muda mencoba memblokir terowongan agar tidak diisi dengan semen.

Yang lain terlihat menarik panel kayu dari dinding tempat perlindungan dan menggunakan bangku untuk menghalangi polisi dalam video dan gambar. Salah satu video yang dilihat menunjukkan seorang petugas menggunakan semprotan untuk membubarkan bentrokan yang semakin meningkat.

Bangunan yang dikunjungi ribuan pengunjung setiap tahun ini dulunya adalah rumah pemimpin gerakan Yahudi Ortodoks - Rabbi Menachem Mendel Schneerson.

Rabi tersebut dipuji karena memimpin Chabad-Lubavitch dan merevitalisasi komunitas agama Hasid setelah dihancurkan dalam Holocaust. Dia meninggal pada tahun 1994, tetapi kantor pusatnya tetap menjadi pusat agama Yahudi yang terkenal.

Meskipun gerakan Chabad-Lubavitcher berkembang pesat dan misinya adalah menyambut orang-orang Yahudi di semua tingkat praktik keagamaan, gerakan ini juga memiliki perpecahan penting dalam gerakan yang lebih besar. Perpecahan tersebut tampaknya meluas dalam sengketa terowongan di 770 Eastern Parkway bulan ini.

Sebuah kelompok pinggiran yang sangat religius di Chabad percaya bahwa Rabbi Schneerson adalah Mesias Yahudi, sebuah gagasan yang ditolak oleh gerakan arus utama.

Ketidaksepakatan tersebut dilaporkan merupakan salah satu elemen dalam perselisihan di terowongan tersebut. Bangunan telah ditutup karena pemeriksaan terowongan terus berlanjut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya