Sederet Negara yang Dukung Gugatan Genosida Afrika Selatan Terhadap Israel di ICJ

Afrika Selatan maupun Israel adalah penandatangan Konvensi Genosida
Sumber :
  • aljazeera.com

VIVA Dunia – Mahkamah Internasional (ICJ) yang berbasis di Den Haag akan mengadakan sidang pertama dalam kasus genosida Afrika Selatan terhadap Israel pada hari Kamis, dan beberapa negara menyambut baik langkah tersebut di tengah seruan global untuk gencatan senjata di Gaza.

Gelombang Protes Pro-Palestina di AS, Polisi Bubarkan Pakai Granat Kejut

Afrika Selatan mengajukan gugatan tersebut pada akhir Desember, menuduh Israel melakukan genosida dalam perangnya di Gaza dan berupaya menghentikan serangan militer brutal yang telah menewaskan lebih dari 23.000 warga Palestina, hampir 10.000 di antaranya adalah anak-anak.

Pengajuan setebal 84 halaman oleh Afrika Selatan mengatakan Israel melanggar Konvensi Genosida 1948 , yang dibuat setelah Perang Dunia II dan Holocaust. Baik Israel maupun Afrika Selatan merupakan penandatangan Konvensi Genosida PBB, yang memberikan yurisdiksi kepada ICJ badan hukum tertinggi PBB  untuk memutuskan perselisihan mengenai perjanjian tersebut.

Jiper Dibobol Iran, Israel Bangun Iron Dome Versi Online

Semua negara yang menandatangani konvensi tersebut wajib untuk tidak melakukan genosida dan juga mencegah dan menghukumnya. Perjanjian tersebut mendefinisikan genosida sebagai “tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok bangsa, etnis, ras atau agama”.

Deretan Kampus Bergengsi di Inggris Gelar Kemah Pro-Palestina

Inilah yang kami ketahui tentang negara-negara yang mendukung Afrika Selatan dalam kasusnya melawan Israel, dan negara-negara yang menentang kasus tersebut di pengadilan dunia. Mari kita simak selengkapnya dilansir dari laman Aljazeera.com;

Sederet Negara dan Badan yang Mendukung Gugatan Genosida

Organisasi Negara-negara Islam (OKI): Blok yang beranggotakan 57 negara , yang meliputi Arab Saudi, Iran, Pakistan dan Maroko, menyuarakan dukungan mereka terhadap kasus ini pada 30 Desember.

Malaysia: Dalam pernyataan yang dikeluarkan pada tanggal 2 Januari, Kementerian Luar Negeri Malaysia menyambut baik permohonan Afrika Selatan. Mereka mengulangi seruan untuk negara Palestina merdeka “berdasarkan perbatasan sebelum tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya”.

Turki: Juru bicara Kementerian Luar Negeri Turki Oncu Keceli memposting di X pada tanggal 3 Januari menyambut langkah Afrika Selatan.

Yordania: Menteri Luar Negeri Ayman Safadi mengatakan pada tanggal 4 Januari bahwa Amman akan mendukung Afrika Selatan.

Bolivia: Pada hari Minggu, Kementerian Luar Negeri Bolivia menyebut tindakan Afrika Selatan sebagai tindakan bersejarah dan menjadi negara Amerika Latin pertama yang mendukung kasus ICJ melawan Israel.

Maladewa, Namibia dan Pakistan: Ketiga negara tersebut menyatakan dukungannya terhadap kasus genosida yang diajukan oleh Afrika Selatan dalam sidang Majelis Umum PBB pada hari Selasa.

Selain negara-negara, banyak kelompok advokasi dan kelompok masyarakat sipil di seluruh dunia juga telah bergabung dalam seruan Afrika Selatan. Ini termasuk Terreiro Pindorama di Brasil, Asociacion Nacional de Amistad Italia-Cuba di Italia, dan Collectif Judeo Arabe et Citoyen pour la Palestine di Prancis, lapor outlet independen Common Dreams.

Negara yang Ajukan Permintaan ICC Lebih Awal 

Bolivia juga menyatakan, bahwa pihaknya sebelumnya telah mengajukan permintaan kepada Jaksa Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) Karim Khan bersama Afrika Selatan, Bangladesh, Komoro, dan Djibouti untuk menyelidiki situasi di Palestina. Khan mengatakan dia menerima permintaan tersebut pada 30 November.

ICC dan ICJ terkadang digabungkan satu sama lain. Kedua pengadilan tersebut berlokasi di Den Haag, Belanda. Meskipun tujuan ICJ adalah untuk menyelesaikan konflik antar negara, ICC mengadili individu yang melakukan kejahatan, menurut platform Pursuit Universitas Melbourne. Meskipun negara tidak dapat dituntut di ICC, jaksa dapat membuka penyelidikan jika ada kemungkinan terjadinya kejahatan, termasuk genosida.

Negara yang Tidak Mendukung ICJ di Afrika Selatan?

Amerika Serikat telah menyuarakan penolakannya terhadap kasus genosida tersebut. Juru bicara keamanan nasional John Kirby menyebut pengajuan Afrika Selatan “tidak pantas, kontraproduktif, dan sama sekali tidak berdasar” dalam konferensi pers di Gedung Putih pada tanggal 3 Januari.

Presiden Israel Isaac Herzog mengatakan kepada Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken pada hari Selasa bahwa “tidak ada yang lebih mengerikan dan tidak masuk akal” daripada gugatan tersebut. Herzog juga berterima kasih kepada Blinken atas dukungan Washington terhadap Israel.

Sekutu Israel di Barat, termasuk Uni Eropa, sebagian besar tetap bungkam mengenai kasus ICJ.

Inggris, yang menolak mendukung kasus ini, dituduh menerapkan standar ganda setelah menyerahkan dokumen hukum terperinci ke ICJ sekitar sebulan yang lalu untuk mendukung klaim bahwa Myanmar melakukan genosida terhadap komunitas Rohingya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya