Selain Israel-Palestina, Ini 12 Negara yang Kini Juga Tengah Berperang, Ada yang Sudah 10 Tahun

VIVA Militer: Kelompok Ekstrimis Islam al-Shabaab di Somalia, Afrika
Sumber :
  • Military

VIVA Dunia – Sejak 7 Oktober 2023 lalu, mata dunia tertuju pada perang Israel-Hamas dan warga Palestina di Gaza.

Ngeri, Ada Ramalan Jayabaya Diduga Sebut Tanda Perang Dunia Ketiga

Setelah Nakba, ini adalah perang terbesar yang terjadi di Gaza, dengan korban lebih dari 23.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, menurut pejabat kesehatan Palestina, dan membuat sebagian besar daerah kantong Gaza tidak dapat dihuni oleh 2,2 juta warga Palestina yang tinggal di sana. 

Namun ternyata, selain Israel dan Palestina ada juga negara-negara yang kini tengah berperang, yang mungkin banyak dilupakan oleh dunia. 

5 Fakta Tersembunyi Hubungan Iran dan Israel, Pernah Seharmonis Ini

Berikut ini 12 negara lain yang juga sedang berkonflik, dihimpun dari berbagai sumber.

Afghanistan

Top Trending: Hal yang Terjadi Jika Indonesia Tak Dijajah hingga Tawuran Brutal Antar Pelajar

Pengunsi Afghanistan di Pakistan

Photo :
  • Al Jazeera

Perang di Afghanistan telah berlangsung sejak tahun 1978. 

Fase terakhir dimulai pada tahun 2001 dan terutama berkisar pada pasukan AS dan PBB serta pasukan sekutu Afghanistan yang memerangi pemberontak Taliban. 

Menurut Proyek Data Lokasi & Peristiwa Konflik Bersenjata (ACLED), terdapat 30.936 korban jiwa yang dikonfirmasi pada tahun 2020 saja.

Penarikan pasukan AS dan PBB dari Afghanistan pada tahun 2021 menandakan konflik tersebut, namun Taliban segera mengambil kembali kendali negara tersebut dan perang antara Taliban dan faksi lain, termasuk ISIL-K, yang mengebom bandara di Kabul selama evakuasi AS, terus berlanjut hingga kini. 

Antara tahun 2009 dan 2022, Dewan Hubungan Luar Negeri memperkirakan terdapat 111.000 korban sipil di Afghanistan. 

Hal ini berdampak langsung pada bantuan kemanusiaan. 

Sudan

VIVA Militer: Milisi pemberontak Sudan, Pasukan Dukungan Cepat (RSF)

Photo :
  • globalwitness.org

Protes di Sudan selama musim panas tahun 2019 mencapai puncaknya dengan tersingkirnya presiden lama Sudan, Omar al-Bashir. 

Namun, kemitraan pemerintahan bersama antara warga sipil dan pasukan militer memburuk pada tahun 2021 dan membuat masa depan negara tersebut menjadi tidak pasti, dengan UNOCHA memperkirakan lebih dari seperempat juta warga Sudan mengungsi akibat konflik pada tahun 2022. 

Ketidakstabilan politik meningkat pada awal tahun ini, bahkan menyebabkan lebih banyak pengungsian dan kebutuhan kemanusiaan. 

Dari 15,8 juta warga Sudan yang membutuhkan bantuan kemanusiaan pada tahun 2023 (yaitu sekitar sepertiga populasi), UNOCHA memperkirakan 50% memerlukan bantuan karena konflik yang berkepanjangan. 

Jumlah itu meningkat dalam beberapa tahun terakhir. 

Pada tahun 2022 saja, lebih dari 310.000 orang baru mengungsi akibat konflik perang saudara dan kekerasan. Jumlah ini mencakup puluhan ribu orang yang mengungsi pada bulan Desember 2022 saja akibat bentrokan di Kordofan Barat dan Nil Biru yang mengakibatkan sekitar dua insiden keamanan dilaporkan setiap hari pada bulan tersebut.

Suriah 

Serangan drone di acara kelulusan militer Suriah tewaskan 80 orang.

Photo :
  • Syrian Civil Defense White Helmets via AP.

Konflik yang berkepanjangan hingga kini masih berlangsung, telah menjadikan Suriah sebagai salah satu krisis kemanusiaan terburuk di dunia. 

Sejak awal tahun 2011, konflik sipil di Suriah telah menimbulkan penderitaan yang sangat besar bagi jutaan orang. 

11,5 juta orang, hampir setengah dari perkiraan populasi sebelum perang, telah mengungsi. 5,4 juta jiwa hidup sebagai pengungsi di negara-negara tetangga, dan 6 juta jiwa menjadi pengungsi internal. 

UNOCHA mengidentifikasi 15,3 juta orang yang membutuhkan bantuan kemanusiaan (termasuk 4,1 juta orang yang berada pada tingkat kebutuhan bencana), peningkatan sebesar 14% dibandingkan tahun lalu. 

Jumlah ini dari total penduduk yang berjumlah 17,5 juta jiwa. Dulunya merupakan negara dengan kelas menengah yang berkembang pesat, 83% warga Suriah kini hidup di bawah garis kemiskinan. 

Berdasarkan banyak laporan dari mereka yang masih tinggal di negara ini, kekerasan dalam konflik tidak hanya terbatas pada pemboman, serangan rudal, dan penghancuran kota dan infrastruktur. 

Burkina Faso, Niger, dan Sahel

Junta militer Niger.

Photo :
  • Antara FOTO.

Konflik bersenjata selama satu dekade, dan kini masih berlangsung di wilayah Sahel barat Afrika, telah mengakibatkan memburuknya situasi kemanusiaan di Mali, Burkina Faso, dan Niger. 

Krisis tidak mengenal batas negara, dan apa yang awalnya merupakan kekerasan di Mali pada bulan Januari 2012 kini telah mengakibatkan serangan di seluruh wilayah tersebut, yang meningkat pada tahun 2021. 

Pada tahun itu saja, UNOCHA memperkirakan setengah juta orang terpaksa mengungsi. Saat ini, UNOCHA memperkirakan 4,7 juta orang di Sahel membutuhkan bantuan kemanusiaan – peningkatan sebesar 34% dibandingkan tahun lalu. 

UNICEF memperkirakan 3,2 juta anak memerlukan bantuan, peningkatan 23% dibandingkan tahun 2022. Meskipun telah berlangsung selama lebih dari satu dekade, kekerasan masih meningkat dalam beberapa tahun terakhir karena rusaknya gencatan senjata dan kembali terjadinya permusuhan.

Ukraina

VIVA Militer: Brigade Tank Terpisah ke-17 militer Ukraina

Photo :
  • militaryland.net

Tahun lalu, krisis delapan tahun di Ukraina timur berubah menjadi konflik besar hanya dalam beberapa minggu. 

Pada 21 Februari 2022, Federasi Rusia secara resmi mengakui kemerdekaan dua wilayah non-pemerintah di Ukraina di sepanjang perbatasan Rusia, Donetsk dan Luhansk. Dua hari kemudian, Ukraina mengumumkan keadaan darurat nasional. Keesokan harinya, Rusia mengumumkan invasi militer skala penuh. 

Dalam 24 jam pertama pertempuran, Kantor Komisaris Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa (OHCHR) melaporkan 240 korban sipil, termasuk 34 kematian. Kekerasan belum mereda, dan pertempuran sengit telah menyebar ke seluruh negeri. 

Dalam waktu kurang dari setahun, Ukraina menjadi salah satu krisis pengungsi dan krisis kemanusiaan terbesar di dunia, dengan 7,9 juta pengungsi, 6,5 juta warga Ukraina menjadi pengungsi internal, dan 17,7 juta membutuhkan bantuan kemanusiaan.

Hingga kini, Ukraina dan Rusia masih berperang. 

Republik Afrika Tengah (CAR)

Perang saudara di Republik Afrika Tengah (CAR) akan memasuki usia 12 tahun pada tahun 2024, namun ini hanya yang terbaru dari serangkaian bentrokan sejak negara tersebut memperoleh kemerdekaan dari Perancis pada tahun 1960. 

Apa yang dimulai pada tahun 2012 sebagai pemberontakan yang dipimpin oleh pasukan paramiliter telah mengakibatkan meningkatnya ketegangan etnis dan agama dan melemahnya infrastruktur dan sistem dukungan sosial bagi hampir 5 juta orang. 

Republik Afrika Tengah berbatasan dengan Republik Demokratik Kongo dan Sudan Selatan (yang juga tengah berperang) yang berarti bahwa, ketika situasi di dalam negeri terus memburuk, dampak konflik meluas ke negara-negara tetangga, memperburuk konflik mereka sendiri dan meninggalkan negara-negara tetangga. seluruh wilayah berada dalam kesulitan. 

Akses kemanusiaan di CAR telah terpuruk dalam beberapa tahun terakhir akibat meningkatnya konflik. “Kurang dari 40% operasi LSM saat ini berlanjut karena kurangnya akses yang aman,” kata Country Director Concern Elise Ponson pada tahun 2021. 

"Ini adalah negara di mana hampir semua layanan dasar seperti layanan kesehatan, pendidikan, dan bantuan makanan berada di luar jangkauan. modalnya disediakan oleh LSM.” 

Yaman 

VIVA Militer: Milisi Houthi Yaman

Photo :
  • theguardian.com

Perang Saudara Yaman dimulai pada bulan September 2014 ketika gerakan bersenjata Houthi menguasai Sanaa, ibu kota dan pusat pemerintahan saat ini, yang dipimpin oleh Presiden Abdrabbuh Mansur Hadi. 

Kedua faksi tersebut mengklaim sebagai pemerintah resmi Yaman. Arab Saudi melakukan intervensi untuk mendukung Hadi pada awal tahun 2015, memimpin koalisi negara-negara Asia dan Afrika, dengan dukungan intelijen dan logistik dari Amerika Serikat. 

ACLED menghitung lebih dari 140.000 korban jiwa sejak dimulainya perang, termasuk hampir 20.000 korban jiwa pada tahun 2020 saja. 

Pada bulan April 2022, kedua pihak yang terlibat konflik ini menyetujui gencatan senjata selama dua bulan, yang dapat diperpanjang tanpa batas waktu (dua bulan sekaligus) ke depan. 

Pada September 2022, gencatan senjata telah diperpanjang beberapa kali. 

Meskipun gencatan senjata tidak selalu dipatuhi dan lebih dari 2000 pelanggaran terjadi (yang mengakibatkan 350 korban jiwa) telah dicatat sejak diberlakukan, namun hal ini berhasil menurunkan tingkat kekerasan di negara tersebut, yang mencatat lebih dari 23.000 kematian pada tahun 2021.

Namun, hingga kini, perang saudara di Yaman masih kerap terjadi, meski tak sebesar sebelumnya. 

Kongo

Bencana Longsor di Kongo

Photo :
  • Moses Sawasawa/AP

Republik Demokratik Kongo, yang merupakan salah satu lokasi terjadinya perang saudara terburuk dalam sejarah Afrika, telah berubah dari konflik nasional pada akhir tahun 1990-an menjadi serangkaian konflik yang lebih kecil dan terlokalisasi yang berfokus pada wilayah tertentu dan berpusat pada lahan, sumber daya, dan lahan. 

Dampak penjajahan Raja Leopold II dari Belgia masih terasa dalam rangkaian konflik kekerasan yang hingga kini masih berlangsung. Walaupun konflik sudah menjadi lebih terlokalisasi, hal ini tidak mengurangi dampak buruknya. 

Gelombang pertempuran sporadis di banyak wilayah di negara ini menjadikan Kongo sebagai negara dengan situasi kemanusiaan yang kompleks dan menantang. Lebih dari 5 juta orang Kongo menjadi pengungsi internal di negara mereka, mewakili populasi pengungsi internal (IDP) terbesar ketiga di dunia. 

Perkiraan terbaru UNOCHA menyebutkan jumlah warga Kongo yang membutuhkan bantuan kemanusiaan mencapai lebih dari 26,4 juta, meningkat 20% dibandingkan tahun 2022.

Ethiopia

VIVA Militer: Pasukan Tentara Pertahanan Nasional Ethiopia (ENDF)

Photo :
  • Madote

Ketegangan antar partai politik yang bentrok di Etiopia meningkat menjadi perang saudara yang disertai kekerasan pada November 2020 hingga kini. 

Kekerasan telah meluas ke negara-negara tetangga, dengan pertempuran kecil yang terjadi di Sudan dan Somalia

Dinamakan "Perang Tigray", diambil dari nama wilayah di mana perang tersebut dimulai, perang tersebut telah mengakibatkan lebih dari 9.000 korban jiwa (walaupun beberapa sumber memperkirakan lebih dari 50.000 orang) pada bulan September 2021. 

Pada awal tahun 2023, terdapat 3,1 juta orang di seluruh negeri yang menjadi pengungsi internal, turun dari puncaknya sebesar 5,1 juta pada tahun 2021. Meskipun perjanjian perdamaian ditandatangani pada November 2022, hingga kini dampak konflik terus berlanjut. 

Kelaparan telah menjadi salah satu kekhawatiran utama, seiring dengan meningkatnya skala dan tingkat kerawanan pangan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2023, PBB memperkirakan 9 juta orang membutuhkan bantuan pangan.

Somalia

VIVA Militer: Kelompok Ekstrimis Islam al-Shabaab di Somalia, Afrika

Photo :
  • Military

Awal mula Perang Saudara Somalia yang sedang berlangsung menjadi bahan perdebatan. Banyak organisasi (termasuk PBB) mengatakan bahwa hal ini terjadi pada tahun 1991. Para ahli lain berpendapat bahwa hal tersebut dimulai 10 tahun sebelumnya. 

Meskipun sejumlah krisis sedang berlangsung di Somalia, kekerasan dan kebrutalan konflik merupakan krisis yang paling menonjol dibandingkan krisis lainnya. 

Namun, korban sipil akibat kekerasan bukanlah pembunuh terbesar. Ketidakstabilan selama tiga dekade telah melemahkan sistem kesehatan negara ini dan melemahkan aspek-aspek penting lainnya dari infrastruktur negara tersebut. 

Masalah-masalah ini semakin meningkat akibat krisis kekeringan yang terjadi di Tanduk Afrika. Di Somalia, semua ini menyebabkan 7,8 juta orang membutuhkan bantuan kemanusiaan, lebih dari 5 juta di antaranya adalah anak-anak. Sebagian besar wilayah negara ini tidak berada di bawah kendali pemerintah. 

Seperti yang dijelaskan oleh direktur Concern Somalia, Abdi Rashid Haji-Nur: “Secara operasional, sulit bagi lembaga kemanusiaan nasional dan internasional untuk memberikan layanan kepada orang-orang di berbagai wilayah di negara ini,” 

"Selama tidak ada upaya untuk menahan dan meredakan ketegangan dan konflik tersebut, kita akan menghadapi tantangan dalam hal mendapatkan akses.”

Hingga kini, perang saudara di Somalia masih berlangsung. 

Sudan Selatan

Ilustrasi Tentara dari Pasukan Pertahanan Rakyat Sudan Selatan (SSPDF)

Photo :
  • AP Photo/Samir Bol

Sebelum pecahnya konflik pada bulan Desember 2013, terdapat alasan untuk memiliki harapan mengenai masa depan Sudan Selatan. 

Pemisahan diri tidak hanya berlangsung secara damai, namun negara ini juga memiliki ladang minyak yang kaya. Banyak pihak yang optimis bahwa tahun 2013 akan menjadi tahun pembangunan dan kemajuan. 

Namun sebaliknya, konflik tersebut, yang telah menyebabkan terganggunya layanan dan perlindungan sosial, terus menimbulkan konsekuensi yang parah bagi negara yang pembangunan manusianya termasuk yang terburuk di dunia. 

Konflik tersebut dengan cepat mengambil dimensi etnis, yang menyebabkan lebih dari 4 juta warga Sudan Selatan mengungsi. 

Sementara itu, proses perdamaian telah tertunda beberapa kali, sehingga kekerasan meningkat karena tidak adanya pemerintahan transisi.

Hingga kini, perang saudara di Sudan Selatan masih berlangsung.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya