Adu Kekuatan Militer Indonesia dengan Israel, TNI Menang Telak dari Tentara Yahudi

Tentara Nasional Indonesia
Sumber :
  • Asia Pacific Report

Jakarta – Perang antara Israel dan Hamas di Jalur Gaza Palestina masih berkecamuk sampai saat ini hingga menjadi sorotan dunia. Tercatat, jumlah korban jiwa dari warga Israel telah menyentuh angka 23 ribu jiwa dengan sebagian besar adalah anak-anak dan perempuan. 

Penyewaan Kendaraan Listrik Laris Manis, Total Aset TBS Energi Utama 2023 Naik 5,4 Persen

Sejak perang memanas pada akhir tahun 2023 lalu, banyak pihak yang meminta Indonesia agar bertindak tegas untuk bisa memberhentikan penyerangan di sana. Indonesia vokal menyerukan gencatan senjata dalam forum PBB supaya Israel menarik pasukannya. 

Serangan bertubi-tubi Israel di Jalur Gaza membuat sejumlah pihak penasaran mengenai kekuatan militernya dan bagaimana jika dibandingkan dengan kekuatan militer Indonesia. Nah, berikut ulasan mengenai kekuatan militer kedua negara jika disandingkan. 

Baba Vanga Ramal Perang Dunia III Akan Terjadi, Gegara Konflik Iran-Israel?

Kekuatan Militer Indonesia

VIVA Militer: Prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI)

Photo :
  • Youtube
Kampus-kampus di Amerika Serikat Banyak Demo, PM Israel Merasakan Ini

Indonesia sendiri adalah salah satu negara yang memiliki kekuatan militer besar di kawasan Asia Pasifik. Di kawasan Asia Tenggara, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menjadi yang terkuat alias menempati urutan pertama sehingga disegani oleh negara lain. 

Bukan hanya itu, menurut Global Fire Power, kekuatan militer Indonesia menempati urutan ke-13 dengan nilai Power Indeks mencapai 0,2221. Posisi ini naik 3 peringkat dari sebelumnya di posisi 16. Peningkatan ini didukung dengan berbagai hal, salah satunya anggaran militer. 

Masuk dalam peringkat 15 besar dunia, Indonesia tercatat memiliki anggaran pertahanan mencapai USD8,8 miliar. Apabila dibandingkan dengan anggaran militer yang dimiliki negara-negara ASEAN, maka Indonesia menempati urutan kedua setelah Singapura. 

Personel TNI AL bersama Kapal Perang Indonesia KRI Sampari-628 di Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, NTB, Jumat, 28 Januari 2022.

Photo :
  • ANTARA

Bukan hanya itu, pencapaian tersebut didukung dengan jumlah personil TNI yang mencapai lebih dari 1 juta prajurit. Sedangkan kekuatan darat Indonesia tidak perlu diragukan karena tercatat memiliki 314 tank, 12.000 kendaraan, dan 63 MLRS (Rocket Artillery).

Di sisi lain, kekuatan udara Indonesia juga didukung dengan kepemilikan 466 pesawat tempur dan pendukungnya, dimana dari jumlah tersebut ada 41 jet tempur. Terakhir, kekuatan laut Indonesia memiliki 324 aset pertahanan laut. Aset itu diantaranya terdiri dari 10 kapal perang Frigates, 21 kapal perang Corvettes, dan 4 kapal selam.

Kekuatan Militer Israel

VIVA Militer: Tentara Israel menduduki Tepi Barat, Palestina

Photo :
  • nbcnews.com

Menurut Global Fire Power, Israel menduduki peringkat 18 dengan power idex 0.2757. Meski jauh berada di bawah Indonesia, Israel masih tetap masuk dalam top 20 besar dunia. Peringkat ini diraih Israel karena didukung dengan anggaran pertahanan mencapai US$24,3 miliar. 

Apabila dibandingkan dengan anggaran militer Indonesia, memang jauh lebih besar. Namun, hal tersebut bukan jaminan kekuatan militer Israel bisa lebih unggul dari Indonesia. Israel tercatat memiliki personil sebanyak 646 ribu orang dan personil aktif mencapai 173 ribu prajurit. 

Kapal perang Israel.

Photo :
  • TV7 Israel News.

Sementara itu, untuk kekuatan udara, Israel memiliki 601 pesawat tempur dan pendukungnya, di mana dari jumlah tersebut ada 241 jet tempur. Kemudian, kekuatan laut mereka didukung dengan 7 kapal jenis Corvettes, 5 kapal selam, dan 45 kapal patroli.

Bukan hanya itu, untuk kekuatan darat Israel tercatat memiliki 1.760 tank siap tempur, 45.032 kendaraan pendukung siap operasi, dan 300 MLRS (Rocket Artillery). Israel juga memiliki alat penangkal rudal sehingga akan meledak di udara sebelum jatuh ke tanah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya