Detik-detik Sekelompok Orang Bersenjata Serbu Stasiun TV, Siaran LIVE Dihentikan

Sekelompok orang membawa senjata dan menyerbu sebuah studio televisi di Ekuador
Sumber :
  • Associated Press

Ekuador – Stasiun TV Ekuador, TC, diserbu oleh sekelompok orang bersenjata yang memaksa para staf untuk tiarap dan duduk di lantai, sesaat kemudian terdengar suara tembakan dan teriakan.

Deretan Negara Asia Tenggara yang Berbentuk Republik

Dilansir dari Al Jazeera, Rabu, 10 Januari 2024, Presiden Ekuador telah menyatakan 22 geng sebagai organisasi teroris dan mengatakan bahwa negara tersebut berada dalam keadaan "konflik bersenjata internal".

Sekelompok Orang Bersenjata Serbu Stasiun TV di Ekuador

Photo :
  • Istimewa
Wow, Siswa SMP Negeri 255 Jakarta Masuk Nominasi Terbaik Kompetisi Menulis Surat untuk Presiden

Orang-orang yang mengenakan balaclava dan sebagian besar berpakaian hitam, terlihat memegang senjata besar dan menyapa para staf yang berkerumun dalam siaran langsung, yang akhirnya dihentikan. Hingga saat ini belum diketahui apakah ada personel stasiun yang terluka.

Beberapa penyerbu memberi isyarat ke arah kamera dan seseorang terdengar berteriak "tidak ada polisi".

Komisaris HAM PBB Kecam Perihal Hukum yang Mewajibkan Hijab di Iran

Saluran lain menunjukkan gambar-gambar polisi di luar studio TC di Guayaquil, sebuah kota pesisir yang telah dilanda kekerasan yang melonjak selama beberapa tahun terakhir ketika kelompok-kelompok perdagangan narkotika meningkatkan operasinya di negara yang dulunya relatif damai di Amerika Selatan ini.

"Saya masih syok," kata Alina Manrique, kepala pemberitaan TC Television yang mengatakan bahwa ia ditodongkan pistol di kepalanya saat kejadian.

"Semuanya telah runtuh .... Yang saya tahu adalah sudah waktunya untuk meninggalkan negara ini dan pergi jauh-jauh."

Kepolisian nasional Ekuador mengatakan di media sosial bahwa unit khusus mereka telah dikerahkan ke lokasi kejadian, dan polisi mengonfirmasi bahwa 13 orang telah ditangkap. Polisi nasional memposting gambar beberapa pria dengan tangan diikat ke belakang, menyatakan bahwa mereka ditangkap saat melakukan intervensi di studio.

Insiden ini terjadi setelah sedikitnya tujuh petugas polisi diculik, ledakan terjadi di beberapa kota dan narapidana di penjara menyandera puluhan sipir, sehari setelah Presiden Daniel Noboa mengumumkan keadaan darurat.

Noboa mengeluarkan sebuah dekrit pada hari Selasa yang menyatakan bahwa negara tersebut dalam keadaan "konflik bersenjata internal" dan menyatakan 22 gerombolan sebagai organisasi teroris. Dekrit tersebut memerintahkan angkatan bersenjata untuk "menetralisir" kelompok-kelompok tersebut, sejalan dengan hukum internasional dan hak asasi manusia.

Diplomat tertinggi Amerika Serikat untuk Amerika Latin menyatakan keprihatinannya terhadap situasi tersebut.

"Sangat prihatin dengan kekerasan dan penculikan hari ini di Ekuador," Brian Nichols dari Departemen Luar Negeri AS, menulis di X, dan menambahkan bahwa para pejabat AS akan "tetap berhubungan erat" dengan tim Presiden Daniel Noboa.

Sementara itu, Perdana Menteri Peru Alberto Otarola mengumumkan keadaan darurat di sepanjang perbatasan utara negaranya dengan Ekuador, dan mengatakan bahwa sejumlah pasukan tentara akan dikerahkan untuk mendukung pasukan polisi di daerah tersebut.

Di negara-negara di seluruh Amerika Latin, pemerintah sering kali mengambil tindakan keras untuk menindak produksi dan peredaran narkotika, memberikan cek kosong kepada angkatan bersenjata yang memiliki catatan panjang tentang penyalahgunaan dan pelanggaran hak asasi manusia.

Para kritikus mengatakan bahwa upaya-upaya semacam itu telah membantu memicu siklus kekerasan brutal di negara-negara seperti Meksiko dan Kolombia, sementara gagal membendung aliran narkotika yang menguntungkan.

Namun, seiring dengan gelombang kejahatan dengan kekerasan yang melanda Ekuador, para politisi berusaha untuk mengambil posisi yang lebih tegas dalam menghadapi kejahatan dan meningkatnya pengaruh pengedar narkotika.

Beberapa pihak menunjuk pada keberhasilan Presiden El Salvador Nayib Bukele, yang telah menangguhkan kebebasan sipil utama dan menjebloskan ribuan orang ke dalam penjara tanpa proses hukum dalam rangka memukul geng-geng kriminal di negara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya