7 Angkatan Laut Terkuat di Dunia, Peringkat Indonesia Gak Kaleng-kaleng!

VIVA Militer: Armada tempur kapal induk Angkatan Laut Amerika Serikat
Sumber :
  • middleeastmonitor.com

Jakarta – World Directory of Modern Military Warships (WDMMW), merupakan sebuah organisasi yang secara khusus menilai dan meranking layanan angkatan laut dari 101 negara di seluruh dunia.  

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Dalam mengumpulkan data, organisasi ini melakukan pemantauan terhadap kekuatan maritim setiap negara melalui 128 layanan udara dan melacak pergerakan 48.038 pesawat.

VIVA Militer: Kapal induk USS Dwight D. Eisenhower Angkatan Laut Amerika Serikat

Photo :
  • usni.org
Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

Penilaian WDMMW terhadap kekuatan angkatan laut dinyatakan dalam skor True Value Rating (TvR). Skor ini mencakup tingkat modernisasi, dukungan logistik, kemampuan serangan dan pertahanan yang dimiliki oleh setiap angkatan laut.

Organisasi ini juga mengevaluasi jumlah total kapal perang dan kapal selam yang dimiliki oleh negara, sekaligus mempertimbangkan kemampuan pembuatan kapal dari galangan kapal lokal, kelengkapan inventaris, dan pengalaman angkatan laut. Lalu Indonsia peringkat berapa? Nah, simak daftarnya di bawah ini:

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

1. Amerika Serikat: skor 323,9

Angkatan laut AS atau United States Navy menduduki peringkat pertama daftar angkatan laut terkuat di dunia versi WDMMW pada 2023. Peringkat ini didapat karena AS memiliki total 243 unit armada laut yang aktif digunakan. Armada ini terdiri dari 11 kapal induk, 68 kapal selam, 131 armada inti, dan 33 unit kapal serbu amfibi.

Jumlah kapal ini tidak termasuk kapal patroli yang lebih kecil, kapal tambahan, kapal pengisian ulang bahan bakar, dan kapal seremonial. AL Amerika Serikat juga memiliki kapal dengan usia lambung rata-rata 23,3 tahun. Sementara angkatan lautnya telah berpengalaman sejak dibentuk pada 1775 atau 248 tahun lalu.

2. China: skor 319,8

VIVA Militer: Kapal perang Angkatan Laut China (PLAN) di dekat perairan Taiwan

Photo :
  • scmp.com

Angkatan laut China atau Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat (Zhongguo Renmin Jiefangjun Haijun) menempati posisi kedua dengan total 425 unit armada. Kekuatannya didukung oleh tiga unit kapal induk, 72 kapal selam, 339 armada inti, dan 11 kapal amfibi.

Meski lebih banyak dibandingkan AS, negara ini memiliki angkatan laut yang berusia lebih muda. Angkatan Laut Tentara Pembebasan Rakyat dibentuk 74 tahun lalu tepatnya pada 1949. Armada dalam inventarisnya juga berisi beberapa unit muda yang baru berusia rata-rata 13,8 tahun.

3. Rusia: skor 242,3

Angkatan laut Rusia memiliki inventaris berisi total 265 unit armada. Armada ini terdiri dari satu kapal induk, 58 kapal selam, 185 armada inti, dan 21 kapal amfibi. Rata-rata usianya 30 tahun.

Angkatan Laut Kekaisaran Rusia saat ini berumur 327 tahun sejak berdiri pada 1696. Meski begitu, negara ini berusaha menerapkan modernisasi dalam tubuh angkatan laut. Hal itu terlihat dari rencana mereka mengoperasikan 80 kapal baru mulai beroperasi depan.

4. Indonesia: skor 137,3

VIVA Militer: Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut

Photo :
  • Instagram TNI AL

Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut berada di posisi keempat dalam daftar ini. TNI AL memiliki total 243 unit armada. Kapal yang dimiliki terdiri dengan empat unit kapal selam, 209 armada inti, dan 30 kapal amfibi. Rata-rata usia lambung kapal 21,8 tahun. Dibentuk pada 1945, TNI AL kini berusia 78 tahun.

Sejak pembentukan itu, Indonesia tidak memiliki kapal induk. Di antara kapal yang ada, kapal selam yang memiliki penilaian positif. Hal ini karena unit kapal selam yang memiliki armada berusia muda, yakni kapal selam Nagapasa 403 berusia 6 tahun, Ardadedali usia 5 tahun dan Alugoro usia 2 tahun. Armada yang berusia tua adalah kapal selam Nanggala 401 berusia 42 tahun.

5. Korea Selatan: skor 122,9

Angkatan Laut Republik Korea Selatan atau Daehan-minguk Haegun berada di posisi kelima dengan skor 122,9. Inventarisnya terdiri dari total 138 unit kapal. AL Korea Selatan memiliki 18 kapal selam, 110 armada inti, dan 10 unit amfibi dengan usia rata-rata 22,4 tahun.  Sama seperti Indonesia, AL Negeri Ginseng berdiri pada 1945 dan kini berusia 78 tahun.

6. Jepang: skor 121,3

Kapal Angkatan Laut Jepang JS Asayuki

Photo :
  • Japan Embassy Jakarta

Angkatan Laut Kekaisaran Jepang Raya atau Dai-Nippon Teikoku Kaigun berada di posisi keenam terbaik dunia dengan total 102 unit armada. Dalam inventarisnya, Jepang memiliki empat kapal induk, 22 kapal selam, 73 armada inti, dan tiga unit amfibi.

Meski memiliki banyak kapal, WDMMW menyebutkan bahwa keseimbangan kekuatannya masih rata-rata karena didominasi kapal penghancur, kapal penanggulangan ranjau, dan kapal selam. Berdiri sejak 1954, AL Jepang yang kini berusia 69 tahun memiliki rata-rata usia armada 14,8 tahun.

7. India: skor 99,1

Bharatiya Nau Sena atau Angkatan Laut India memiliki total 102 unit kapal sehingga berada di peringkat ketujuh terkuat dunia. India memiliki satu kapal induk, 17 kapal selam, 75 armada inti, dan sembilan kapal amfibi. Usia rata-ratanya 20,1 tahun. AL India didirikan pada 1612 dan kini berusia 411 tahun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya