Persenjataan Militer Khadafi Dijarah

Sebuah rudal di gudang senjata Libya.
Sumber :
  • AP Photo/Ben Hubbard

VIVAnews - Persenjataan dan amunisi militer Moammar Khadafi di gudang senjata Tripoli ludes dijarah pemberontak. Di antara persenjataan yang hilang adalah berbagai rudal penyerang pesawat tempur.

Dilansir dari laman CNN, Kamis, 8 September 2011, salah satu yang dijarah adalah rudal tipe Grinch SA-24 atau yang dikenal dengan nama rudal Igla-S. Kekuatan rudal ini setara dengan rudal Stinger buatan Amerika Serikat.

Rudal jenis ini dirancang untuk menghancurkan lini depan pesawat jet tempur, helikopter, pesawat tanpa awak dan rudal angkatan laut. Rudal ini dapat menghancurkan pesawat di ketinggian lebih dari 3.300 meter dan dapat mencapai jarak lurus hingga 5,7 km. Selain rudal ini, yang juga dijarah adalah rudal SA-7.

Wartawan CNN bersama dengan aktivis Human Right Watch (HRW) menemukan puluhan peti kosong tempat penyimpanan rudal tersebut. Di peti terdapat tulisan berbahasa Inggris dan Rusia yang menunjukkan bahwa setiap peti menampung dua rudal Igla-S.

Peter Bouckaert, dari HRW mengatakan penjarahan amunisi dan persenjataan di gudang senjata kerap terjadi di seluruh Libya. Dia mengatakan setiap kali tiba di suatu kota, pasti yang lebih dulu hilang adalah rudal penyerang. Bouckaert mengatakan rudal semacam ini laku dijual ribuan dolar di pasar gelap.

"Kita berbicara soal 20.000 rudal darat di seluruh Libya. Saya pernah melihat sebuah mobil yang membawa banyak rudal. Tindakan mereka dapat membuat seluruh Afrika Utara menjadi zona larangan terbang," kata Bouckaert.

Kekhawatiran timbul mengenai siapa yang memegang senjata ini. Selain tentara Dewan Transisi Nasional, senjata ini dapat disalahgunakan oleh kelompok teroris. Baik pasukan Amerika Serikat dan Eropa yang berada di Afrika khawatir persenjataan ini akan jatuh ke tangan kelompok militan Al-Qaeda.

"Hal ini akan menjadi kekhawatiran yang besar dalam beberapa waktu ke depan," ujar Jenderal Carter Ham, kepala pasukan AS di Afrika. (umi)

Terpopuler: Indonesia U-23 Fenomenal, Ernando Ari Kepikiran Arkhan Fikri
Pimpinan Ponpes Tajul Alawiyyin, Habib Bahar bin Smith

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Artikel top trending pertama yakni mengenai Akui Kemenangan Prabowo-Gibran, Habib Bahar: Saya Ambil Hikmahnya PDIP Nyungsep tengah disorot oleh para pembaca

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024