PM Israel Ajak Palestina Berunding

Perdana Menteri Israel, Benyamin Netanyahu.
Sumber :
  • REUTERS/Gali Tabbon/Pool

VIVAnews - Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu mengajak Presiden Palestina Mahmoud Abbas untuk melakukan kembali perundingan damai kedua negara di New York, Amerika Serikat, pekan ini. Ajakan Netanyahu disampaikan jelang Palestina menuntut kedaulatan di PBB dan pengajuan proposal keanggotaan tetap di organisasi antar bangsa tersebut.

"Saya menyerukan presiden Palestina untuk membuka kembali perundingan langsung di New York dan melanjutkannya lagi di Yerusalem dan Ramallah," kata Netanyahu, dilansir dari laman Aljazeera, Senin 19 September 2011.

Perundingan yang difasilitasi oleh Amerika Serikat itu sebelumnya terhenti pada tahun lalu saat pemerintah Israel kembali mendirikan pemukiman di wilayah Palestina. Pemerintahan Abbas mengatakan tidak akan melanjutkan perundingan jika pembangunan tetap diteruskan.

Israel dan AS sempat gusar lantaran Abbas berencana mendesak negara-negara anggota PBB untuk mengakui kedaulatan negaranya. Abbas juga akan mengajukan proposal keanggotaan tetap, karena selama ini status Palestina hanyalah negara pengamat. Dengan keanggotaan tetap, Palestina akan memiliki hak suara di PBB.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Israel mengatakan langkah mereka sia-sia karena AS berjanji melayangkan veto di Dewan Keamanan PBB terkait rencana keanggotaan tersebut. Baik Israel dan AS bersikeras pengakuan kedaulatan akan menimbulkan ketidakstabilan di kawasan, satu-satunya jalan damai hanyalah melalui perundingan.

"Langkah unilateral adalah satu-satunya jalan mencapai perdamaian di antara kita," kata Netanyahu, dikutip dari CNN.

Belum ada laporan bagaimana respon pihak Abbas terkait ajakan tersebut. Namun, Abbas pada Senin waktu setempat menegaskan kepada Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki-moon, akan tetap mengajukan proposalnya kendati banyaknya penentangan. Abbas mengatakan negosiasi selalu gagal dan daerah pendudukan Israel semakin meluas, sehingga memaksanya melakukan tindakan ini. (umi)

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024