Senapan, Hadiah Lomba Baca Qur'an di Somalia

Militan Somalia di Mogadishu
Sumber :
  • Reuters Photo

VIVAnews - Hadiah lazimnya adalah sesuatu yang berguna bagi pemenangnya, apalagi jika yang dilombakan adalah pembacaan kitab suci Al-Qur'an. Namun, tiga remaja pemenang lomba ini di Somalia mendapatkan hadiah yang tidak biasa, yaitu senapan otomatis AK-47.

Seperti diberitakan radio BBC dan dilansir oleh stasiun berita CNN, Selasa 20 September 2011, pemenang pertama lomba tersebut mendapatkan AK-47 dan uang tunai sebesar US$700 (Rp6,3 juta). Pemenang kedua mendapatkan AK-47 dan uang tunai US$500 (Rp4,5 juta), sedangkan pemenang ketiga mendapatkan hadiah dua buah granat dan uang US$400 (Rp3,6 juta).

Lomba ini diadakan oleh militan pemberontak Al-Shabaab di kota Elasha, dekat Mogadishu. Pada acara pemberian hadiah, Sheikh Moktar Roboh Abu Mansur, salah seorang pemimpin senior kelompok ini, bahkan menyerukan pada para pemenang untuk tidak segan-segan menggunakan senjata tersebut.

"Kami ingin agar para remaja untuk berjuang mempertahankan negara dan agamanya. Ambillah senjata ini," kata Abu Mansur.

Maksud perkataannya tentu saja agar para remaja mengikuti jejak mereka dalam melawan pemerintahan yang sah Somalia. Selain itu, Al-Shabaab kerap menyerang pasukan penjaga perdamaian dan iring-iringan pembawa bantuan.

Kelompok ini menguasai sebagian besar Somalia dan menerapkan peraturan syariah yang ketat. Pemerintah Somalia sendiri kewalahan karena kurangnya persenjataan. Al-Shabaab disebut-sebut memiliki hubungan dengan jaringan teror Al-Qaeda. (art)

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024