KBRI Saudi: LSM Jangan Cuma Bisa Menyerang

Dubes RI untuk Arab Saudi, Gatot Abdullah Mansyur
Sumber :
  • kemenag.go.id

VIVAnews - Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi Gatot Abdullah Mansyur menyayangkan sikap LSM Migrant Care yang hanya menyerang, namun tidak memberikan solusi. Untuk itu, Gatot menantang Migrant untuk datang ke Saudi dan sama-sama bekerja menyelesaikan masalah.

"Mereka tidak tahu apa yang kami lakukan di sini. Anis silakan sekali-kali magang di Jeddah, untuk melihat kerja kita, membantu kita," ujar Gatot kepada VIVAnews, Selasa 27 September 2011. Anis yang disebut Gatot adalah Anis Hidayah, Direktur Eksekutif Migrant Care.

Gatot mengundang para petinggi Migrant Care untuk tidak hanya mengkritik, tapi juga membantu membentuk kapasitas perwakilan Indonesia di Arab Saudi. Salah satu andil Migrant Care yang diperlukan adalah menyumbangkan pengacara-pengacara handal dan konsultan masalah perlindungan WNI.   

"Kirim kami konsultan, sewakan kami pengacara, atau pinjamkan kami pengacara Migrant Care. Kalau ada uang, sumbang kami. Minta izin saja ke Kemlu, berikan kami jalan keluar. Jadi konkrit, jangan hanya protes saja," kata Gatot.

Gatot mengatakan KBRI siap menampung Migrant Care yang akan datang di wisma Indonesia di Riyadh. Cara ini menurutnya lebih terhormat ketimbang menyamar untuk menyelidiki penanganan TKI di Arab Saudi.

"Penyamaran itu tidak transparan. Kita terbuka saja. Migrant Care, buktikan bahwa anda benar-benar care dengan migran," tegas Gatot.

Komentar Gatot ini disampaikan menyusul hasil investigasi Migrant Care yang mengungkap kebohongan pemerintah terkait pemancungan Ruyati di Arab Saudi. Dalam hasil investigasi tersebut, Migrant Care mengatakan pemerintah telah lalai dan mengabaikan informasi terkait pelaksanaan eksekusi. Pemerintah juga disebut bohong perihal lokasi Ruyati dimakamkan. (umi)

7 Rahasia Google
Qin Huilan

Sosok Qin Huilan, Wanita 70 Tahun yang Jadi Bintang Catwalk di Paris Fashion Week

Qin Huilan tengah menyita perhatian, terutama di dunia fashion. Ia adalah wanita yang menempuh perjalanan luar biasa dari pecinta fashion hingga jadi model di usia tua.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024