Dubes AS Bantah Persulit Visa Pelajar RI

Dubes AS, Scot Marciel
Sumber :
  • allvoices.com

VIVAnews - Pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi ke Amerika Serikat kini semakin mudah mengajukan visa. Mereka tak perlu khawatir akan kesulitan memperoleh visa sebagai salah satu persyaratan belajar di Negeri Paman Sam.

"Yang terpenting adalah pengajuan visa harus direncanakan, jangan mendadak. Pengajuan yang mendadak justru bisa memperkecil kemungkinan mendapatkan visa," kata Duta Besar AS, Scot Marciel, ditemui di pembukaan Pameran Pendidikan Tinggi AS di Jakarta, Rabu 5 Oktober 2011.

Marciel membantah kabar yang menyebutkan bahwa pelajar Indonesia sulit memperoleh visa. Malah, lanjut dia, 90 persen permohonan visa pelajar Indonesia telah dikabulkan Kedubes AS pada periode Juni hingga Agustus tahun ini. "Selain itu, jumlah pelajar Indonesia yang menuntut ilmu di negara kami meningkat 20 persen dalam satu dekade terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa pengajuan visa bagi pelajar Indonesia tidaklah sulit," tuturnya.

Pelajar yang beragama Islam juga tak perlu khawatir dipersulit mendapatkan visa. Marciel menjamin, tak akan ada diskriminasi dalam pengajuan visa hanya berdasar agama seseorang.

"Agama tak menjadi penghalang seseorang untuk mendapatkan visa. Selama Anda memenuhi seluruh persyaratan yang diajukan dalam pengajuan visa, maka Anda akan mendapatkannya," pungkas Marciel.

Risma Populer di Jatim tetapi Elektabilitas Khofifah Tinggi, Menurut Pakar Komunikasi Politik
Ilustrasi Paspor

Kelanjutan Nasib Hyoyon SNSD, Bomi Apink hingga Im Nayoung Pasca Paspornya Ditahan Imigrasi Bali

Saat ini, paspor semua pemeran dan kru, dengan total sekitar 30 orang, disita. Mereka juga saat ini tinggal di sebuah hotel sementara itu kasus ini sedang diselidiki.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024