Iran Belum Berhasil Kirim Monyet ke Antariksa

Roket peluncur satelit Kavoshgar 4 milik Iran
Sumber :
  • Press TV

VIVAnews - Pejabat Iran mengaku gagal mengirim seekor kera hidup ke luar angkasa bulan lalu. Padahal, pengiriman kera itu dianggap sebagai uji coba penting bagi Iran sebelum memberangkatkan manusia ke antariksa.

Menurut Deputi Menteri Ilmu Pengetahuan Mohammad Mehdinejad-Nouri, tadinya mereka akan menaruh seekor kera ke dalam roket tercanggih buatan Iran, Kavoshgar-5. Jadwal peluncuran direncanakan pada periode Shahrivar, yaitu penanggalan Iran antara 23 Agustus hingga 22 September 2011.

"Namun, peluncuran tidak dipublikasikan karena semua tujuan yang telah direncanakan tidak tercapai," kata Mehdinejad-Nouri seperti yang dikutip kantor berita ISNA, 12 Oktober 2011, yang juga dimuat harian The Telegraph. Bagi dia, peluncuran hewan hidup ke antariksa merupakan tugas yang strategis dan prioritas bagi pemerintah. Dia berharap misi itu bisa diwujudkan di waktu berikut.

Sebelumnya, pada 3 Oktober lalu, Iran menunda rencana mengirim kera ke luar angkasa hingga waktu yang tidak ditentukan tanpa disertai alasan yang jelas. "Tim ilmuwan kami segera mengumumkan kesiapan proyek itu," kata Kepala Organisasi Antariksa Iran, Hamid Fazeli.

Tadinya, Iran akan mengujicoba binatang, yaitu seekor kera, ke dalam roket Kavoshgar-5. Dengan dibantu alat penunjang hidup, hewan itu direncanakan meluncur hingga ketinggian 120 km untuk penerbangan suborbital selama 20 menit. Proyek itu diumumkan Presiden Mahmoud Ahmadinejad pada Februari lalu.

Menurut Fazeli, misi ini penting sebagai tahap awal sebelum mengirim astronot ke antariksa. Iran menargetkan bisa mengirim astronot ke luar angkasa pada 2020. (adi)

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024