Keluarga Korban Minta Hakim Mubarak Diganti

Hosni Mubarak
Sumber :
  • Filippo Monteforte/Pool

VIVAnews -- Sidang mantan presiden Mesir, Hosni Mubarak ditunda selama dua bulan. Sebabnya, para pengacara keluarga korban tewas, menuntut penggantian hakim karena dianggap tidak tegas.

"Hakim Ahmed Refaat tidak cukup tegas. Ia tidak mengizinkan korban untuk masuk ke ruang sidang dan tidak pula memberi cukup waktu untuk mengajukan pertanyaan, terutama pada Jenderal Tantawi," kata salah seorang pengacara, Khaled Abu Bakr, seperti dikutip laman CNN, Minggu 30 Oktober 2011.

Mohamed Hussein Tantawi adalah kepala Dewan Tertinggi Angkatan Bersenjata Mesir. Jika keberatan para korban dipenuhi, maka sidang harus dilanjutkan dengan dipimpin hakim baru. 

Sebuah panel akan memutuskan nasib hakim Refaat pada 26 Desember karena pada Minggu lalu, ia menetapkan sidang dengar pendapat berikutnya akan berlangsung pada 28 Desember. Keputusan itu diumumkan dalam sidang yang berlangsung sekitar satu menit di hadapan Mubarak, anak-anaknya dan mantan Menteri Dalam Negeri Habib El Adly, yang semuanya hadir.

Refaat meminta mereka untuk tetap dalam tahanan sementara kasus ini ditangguhkan. Mereka menghadapi tuduhan atas pembunuhan demonstran aksi anti-Mubarak pada Februari, dan kasus korupsi di kantor.

Para pengacara yang mewakili keluarga para korban tewas juga mengajukan petisi ke pengadilan tinggi menuntut panel hakim baru karena merasa diperlakukan tidak adil. Mereka juga keberatan dengan dirahasiakannya kesaksian beberapa saksi penting untuk alasan yang tak dapat dijelaskan.

Para pengacara mengajukan keberatan mereka setelah Tantawi bersaksi di secara tertutup dalam persidangan. Hakim pengadilan tinggi yang seharusnya mempertimbangkan kepantasan Refaat untuk memimpin kasus telah mengundurkan diri sebelumnya.

Abu Bakar mengatakan ia tidak tahu mengapa sang hakim mengundurkan diri, namun ia menduga ada konflik kepentingan karena sebelumnya sang hakim terkait dengan Refaat.

Deretan Penyakit Ini Rentan Dialami Jemaah Haji dan Umrah, Wajib Vaksin Sebelum ke Tanah Suci!
Andrew Andika dan Tengku Dewi

Tengku Dewi Murka, Bongkar Chat Suami Ngambek ke Selingkuhan

Kesabaran Tengku Dewi sudah habis hingga akhirnya dia blak-blakan buka aib sang suami. Bahkan saat Andrew Andika ngambek ke selingkuhan, semua chatnya dibongkar.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024