Diplomasi Disney Amerika Serikat di Iran

Disney
Sumber :
  • David Roark/ Disney Parks via Getty Images

VIVAnews – Mickey Mouse, Donald Duck, dan Tujuh Kurcaci bukanlah karakter-karakter ramah AS yang umum dikaitkan dengan Iran. Namun di sebuah pojok kecil Tehran, Ibukota Iran, karakter-karakter Disney itu secara mengejutkan muncul di negeri yang pemimpinnya kerap menggembar-gemborkan retorika anti-Amerika.

Pojok kecil Tehran yang ramah terhadap karakter-karakter Disney asal AS itu ialah Eram Park – taman bermain semacam Dunia Fantasi di Ancol. Eram Park terletak di barat Tehran. Begitu masuk ke gerbang Eram Park, pengunjung akan disambut oleh sejumlah karakter Disney dan karakter kartun AS lainnya semacam Shrek.

Stefan Zwanzger, seorang Jerman yang terobsesi dengan roller coaster dan segala jenis taman bermain, terkejut ketika menemukan tokoh-tokoh Disney ini Eram Park. “Anda mungkin saja melihat jiplakan buruk dari Mickey dan Donald Duck di seluruh dunia, misalnya di pedesaan China. Tapi saya tidak berharap akan melihat Shrek di Iran,” kata Zwanzger kepada CNN.

Zwanzger yang telah empat tahun berkeliling dunia mengunjungi 150 arena taman bermain di 5 benua, juga cukup heran ketika melihat Iran ternyata tidak seseram yang diberitakan di media-media internasional. Maklum saja, ambisi nuklir dan sikap keras Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad terhadap barat, terutama AS, membuat negara itu dicap memiliki reputasi buruk di dunia barat.

Zwanzger mengatakan, orang-orang Iran ternyata bersikap “terbuka, tanpa prasangka, ramah, hangat, dan amat berbudaya.” Semua itu, menurutnya, sangat kontras dengan sikap keras yang diperlihatkan pemimpin mereka, Ahmadinejad, di mata internasional.

“Saya bahkan tidak mengalami gegar budaya di sini. Orang-orang Iran membuat saya merasa berada di Eropa,” ujar Zwanzger. WorldPublicOpinion.org pada tahun 2008 pernah melakukan survei yang menunjukkan bahwa masyarakat Iran umumnya terbuka untuk berhubungan dengan orang-orang Barat. Meski demikian, negara-negara Barat seperti Inggris dan AS yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Iran, meminta warganya untuk berhati-hati ketika mengunjungi Iran.

Apapun, tampak ironis ketika melihat ikon AS seperti Patung Liberty digunakan dalam grafiti anti-AS di jalan-jalan Tehran, sementara Mickey Mouse dan karakter-karakter Disney lainnya menyapa ramah warga Tehran di sudut kota lainnya.

Di Eram Park, Mickey menyapa di gerbang masuk, Tujuh Kurcaci menanti ramah di tengah arena bermain, Shrek menawarkan tiket kepada pengunjung, sementara Donald Duck melambaikan tangan di pintu keluar.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024