Menlu Irak Era Saddam Husein Dieksekusi 2012

Tariq Aziz, mantan diplomat Irak era Saddam Husein
Sumber :
  • Reuters/Samir Mezban/Pool

VIVAnews - Tariq Aziz, mantan Menteri Luar Negeri Irak pada kepemimpinan Saddam Husein akan dieksekusi tahun depan, setelah pasukan Amerika Serikat meninggalkan negara tersebut. Namun, rencana ini dikhawatirkan akan menciptakan ketegangan pada masyarakat Irak yang tengah membangun.

Seperti diberitakan stasiun berita CNN, Senin 5 Desember 2011, keputusan ini disampaikan oleh salah satu penasehat Perdana Menteri Irak, Saad Yousif al-Muttalibi. Dia memastikan hukuman mati Aziz akan dilangsungkan tahun depan.

"Dipastikan akan tetap dilakukan, dan akan dilangsungkan setelah Amerika meninggalkan Irak," kata Muttalibi.

Sebelum dieksekusi, kata Muttalibi, keputusan vonis akan terlebih dahulu diratifikasi oleh Presiden 15 hari sebelum dijatuhkan. Peraturan ini tercantum dalam rancangan undang-undang baru yang disetujui oleh tiga sekte utama di Irak, yaitu Sunni, Syiah dan Kurdi.

Keputusan ini ditentang oleh pengacara Aziz, Badi Arif, yang mengatakan hukuman mati terhadap kliennya hanya akan membawa Irak ke jurang kekacauan. Banyaknya dukungan terhadap Aziz akan menciptakan perpecahan di Irak yang saat ini tengah mengupayakan rekonsiliasi.

"Posisi pemerintah akan lebih lemah jika eksekusi dilakukan setelah pasukan Amerika meninggalkan Iran dan akan mengarah kepada lebih banyak konflik antar sekte," kata Arif.

Aziz ditangkap oleh pasukan AS pada April 2003, sesaat setelah rezim Saddam Husein runtuh. Lelaki 75 tahun ini turut bersaksi dalam sidang kejahatan perang Saddam pada 2006. Aziz kemudian divonis mati pada Oktober 2010 oleh pengadilan tinggi Irak atas perannya memusnahkan partai agama saat Saddam berkuasa.

Hal ini dibantah oleh keluarganya yang mengatakan Aziz tidak bersalah. Arif menegaskan bahwa ada motif politik dalam vonis terhadap kliennya. "Aziz selalu berkata kepada saya, 'mereka akan menemukan cara membunuh saya, dan saya tidak akan bisa lolos'," kata Arif.

"Tapi dari sisi hukum, vonis ini salah, ilegal dan tidak terduga," lanjutnya lagi. (eh)

Fiorentina Pastikan Tiket ke Final Liga Konferensi Eropa 2023/24
Little Tokyo Blok M

Long Weekend Hemat! 5 Rekomendasi Wisata Gratis dan Seru di Jakarta

Beberapa destinasi di Jakarta bisa masuk dalam list untuk dikunjungi bersama keluarga. Yuk simak rekomendasi tempat liburan long week end Jakarta berikut ini!

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024