Jelang Natal, Enam Bom Ditemukan di Bangkok

Anjing pelacak Unit K-9 mencari dugaan bahan peledak/ bom
Sumber :
  • Antara/ Ade Marboen

VIVAnews - Polisi Bangkok, Thailand, berhasil menemukan dan menjinakkan enam bahan peledak dalam upaya mereka mengamankan kota jelang Natal. Mereka telah menangkap seorang pria yang diduga membuat dan menaruh bom buatan rumahan tersebut di tiga lokasi berbeda.

Dilansir dari Bangkok Post, Jumat 16 Desember 2011, lelaki bernama Jirawat Chanpeng itu ditangkap pukul 3 dini hari di jalan raya Soi Kanchanapisek km 39. Masih dilakukan penyelidikan terkait keterlibatannya. Diduga, dia tidak bekerja sendiri.

Enam buah bom ditemukan Jumat pagi ini di wilayah Lat Krabang, Bangkok, setelah penangkapan Jirawat. Bom merupakan buatan rumahan yang menggunakan pipa PVC. Bom ini persis seperti bom yang ditemukan di depan kantor lotere pemerintah di Ratchadamnern, 6 Desember lalu.
 
"Saya tak bisa berkata lebih jauh lagi, namun bom yang ditemukan depan Bangkok Bank jenisnya sama dengan yang ditemukan di depan Kantor Lotere Pemerintah 6 Desember lalu. Bom-bomnya dipasang dengan cara yang sama," kata Komisaris Jenderal Polisi Priewphan Damapong, Jumat 16 Desember 2011.

Dalam penyidikan, ia mengaku telah menanam bom di depan bank, sebuah jembatan, serta di persimpangan jalan. Saat ini semua bom telah dijinakkan oleh tim penjinak bom kepolisian Bangkok. Upaya penyisiran dan pengamanan akan terus dilakukan hingga malam tahun baru, sesuai instruksi Perdana Menteri Yingluck Shinawatra.

Hari Natal dan malam tahun baru merupakan saat-saat rawan aksi terorisme di Bangkok. Sebelumnya pada tahun 2006, delapan bom meledak di delapan lokasi berbeda di ibukota Thailand ini. Tiga orang tewas, dan 38 lainnya terluka. Polisi tidak berhasil menemukan tersangka peledakan ini.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions
Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024