Delegasi Korea Selatan Bertemu Kim Jong-un

Mantan ibu negara Lee Hee-ho bertemu Kim Jong-un
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVAnews - Dua delegasi penyampai duka cita dari Korea Selatan atas meninggalnya pemimpin Korea Utara, Kim Jong-il, telah pulang ke tanah air hari ini. Dalam kunjungan dua hari mereka di Pyongyang, kedua delegasi ini bertemu dengan putra Jong-il, Kim Jong-un, calon pemimpin Korut berikutnya.

Seperti diberitakan Yonhap, Selasa 27 Desember 2011, janda mantan Presiden Kim Dae-jung, Lee Hee-ho, dan direktur utama Hyundai Hyun Jeoung-eun, menyampaikan duka cita mereka langsung kepada Kim Jong-un atas kematian ayahnya. Dalam pertemuan singkat tersebut, tidak ada hal lain yang dibicarakan selain ucapan belasungkawa.

"Kami tidak memiliki kesempatan untuk membicarakan isu-isu lainnya, hanya ucapan duka cita," kata Hyun dalam konferensi pers setibanya di perbatasan Korsel.

Pertemuan Jong-un dengan dua delegasi ini sekaligus menjadi kali pertama jenderal bintang empat termuda di dunia ini bertatap muka dengan warga Korsel. Belum jelas kapan Jong-un akan menduduki kursi pemimpin negara, tapi posisinya di kemiliteran dan dukungan rakyat sudah sangat solid.

Selain bertemu dengan Kim Jong-un, dua delegasi Korsel juga bertemu dengan Kim Yong-nam, Presiden Presidium Dewan Rakyat Korsel. Dalam pertemuan ini juga tidak dibahas isu lain selain ucapan duka cita.

Setelah melakukan pertemuan, Hyun dan Lee diajak berkeliling ke komplek industri Korut di kota perbatasan. Yonhap menuliskan, tour ini memperlihatkan itikad baik dan komitmen Korsel dalam menjalin kerja sama, kendati kondisi yang tidak akur antara kedua negara.

Komplek industri ini dibangun atas bantuan modal dan teknologi dari Korea Selatan dengan mempekerjakan warga Korut. Kawasan ini juga sekaligus menjadi penanda hubungan yang membaik antara kedua negara pada kepemimpinan Kim Dae-jung dan Kim Jong-il tahun 2000 silam. Hyundai saat itu menjadi mitra kunci dalam proyek tersebut.

Kim Jong-il meninggal di atas sebuah kereta akibat serangan jantung dan penyakit komplikasi lainnya pada 17 Desember 2011. Rencananya, Jong-il akan dimakamkan besok di Kumsusan Palace. Dalam pemakaman, tidak ada delegasi asing yang diundang atau diperbolehkan hadir.

Dituduh Selingkuh, Rizky Nazar Meradang Beri Respons Begini
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin di Kantor DPP PKB, Jakarta Pusat, Rabu, 24 April 2024

Soal PKB Gabung di Pemerintahan Prabowo, Cak Imin: Sudah Cethowelo-welo, Jelas Terpampang

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menyampaikan sikap PKB dalam pemerintahan yang baru sudah terlihat dalam pertemuan dengan Prabowo Subianto.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024