FOTO: Anwar Ibrahim Bebas Tuduhan Sodomi

Pendukung Anwar ibrahim
Sumber :
  • REUTERS/ Bazuki Muhammad

VIVAnews - Pengadilan Tinggi Malaysia menyatakan mantan Deputi Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim, tidak bersalah atas tuduhan sodomi. Usai putusan dibacakan, Anwar sontak memeluk istrinya, Wan Azizah, dengan berurai air mata.

Para pengacara Anwar saling berjabat tangan. Kerumunan pendukung Anwar di luar pengadilan, luap dalam kegembiraan dan mengelu-elukan nama Anwar begitu mendengar putusan pengadilan.

“Setelah melihat bukti-bukti yang ada, pengadilan tidak dapat yakin seratus persen atas validitas sampel DNA, dan tidak dibenarkan untuk bersandar pada bukti DNA itu. Untuk itu, bukti yang tersisa hanyalah dari testimoni Saiful,” kata Hakim Mohamad Zabidin Mohd Diah, seperti dikutip dari The Star, Senin 9 Januari 2012.

Karena ini adalah kejahatan seksual, pengadilan ragu dengan pembuktian yang seluruhnya hanya didasarkan pada testimoni Saiful yang tidak didukung bukti lain. Dengan demikian, terdakwa dibebaskan dari tuduhan, ” imbuh hakim.

Sebelumnya, Anwar Ibrahim yang kini merupakan pimpinan oposisi Malaysia, menghadapi vonis atas tuduhan sodomi. Ia dituduh telah menyodomi bekas pembantunya, Mohd Saiful Bukhari Azlan (23), tiga tahun yang lalu.

Sidang diwarnai aksi demonstrasi massa pendukung Anwar. Berdasarkan sumber kepolisian Malaysia, aksi demonstrasi ini diikuti oleh sekitar 10 ribu orang. Polisi pun menutup pintu gerbang Pengadilan Tinggi Malaysia. Sekitar 100 polisi disiagakan di gerbang ini selama persidangan.

Lihat foto bebasnya Anwar Ibrahim di sini.

Ekonomi Global Diguncang Konflik Geopolitik, RI Resesi Ditegaskan Jauh dari Resesi
Mahfud MD

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud MD, buka-bukaan mengenai langkah politik dia selanjutnya, usai pelaksanaan dari Pilpres 2024. Mengingat mantan Menkopolhukam RI tersebut bukan kader partai politik

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024