Topeng Kematian Diktator Stalin Dijual

Komunis Georgia peringati kelahiran Josef Stalin
Sumber :
  • REUTERS/ David Mdzinarishvili

VIVAnews - Topeng kematian bekas diktator Uni Soviet, Josef Stalin dijual di rumah lelang Mullock, Inggris. Topeng perunggu bersejarah itu dipatok dengan harga awal 3.000 hingga 5.000 pounsterling atau sekitar Rp41 juta hingga Rp69 juta.

"Ini kesempatan terbaik untuk memiliki koleksi Stalin di ruangan Anda," kata ahli sejarah Richard Westwood-Brooks seperti dilansir Ria Novosti.

Topeng ini merupakan salah satu dari beberapa salinan yang diambil dari cetakan asli setelah kematian Stalin pada tahun 1953. Rumah lelang Mullock menuliskan ada 12 buah, namun Westwood-Brooks mengatakan hanya ada sembilan buah topeng.

Dua salinan dibawa ke Barat pada tahun 1990 oleh galeri seni James Birch. Sementara itu, gips cetakan asli masih dipajang di museum Stalin di Gori di Georgia.

Sebuah topeng kematian perunggu Stalin mulai dijual di Sotheby pada tahun 1999 dengan harga panduan dari 1.000 sampai 1.500 poundsterling atau sekitar Rp13 hingga Rp 20 juta.

Stalin meninggal pada usia 74, setelah memimpin Soviet lebih dari dua dekade. Stalin meninggal karena pendarahan otak, namun spekulasi beberapa pihak menduga Stalin telah tewas diracun. Diktator yang dijuluki 'Manusia Baja' tersebut dilahirkan pada 18 Desember 1878 dan meninggal dunia 5 Maret 1953.

Bungkam Bayern Munich, Real Madrid Tantang Borussia Dortmund di Final Liga Champions
Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Terpopuler: Mitos Fakta Lahir C-Section Seperti Ria Ricis, Trik Hindari Heatstroke saat Ibadah Haji

Berita mengenai mitos dan fakta seputar lahir C-Section yang dilakukan Ria Ricis karena kurang nafkah batin diserbu pembaca, hingga mengantarkannya di deretan terpopuler.

img_title
VIVA.co.id
9 Mei 2024