Hina Nabi, Jurnalis Saudi Ditahan di Malaysia

twitter
Sumber :
  • http://www.itnewsafrica.com/2011/06/egyptian-sexual-harassment-campaign-utilises-twitter/

VIVAnews - Seorang warga negara Arab Saudi ditangkap di Malaysia karena menghina Nabi Muhammad di akun Twitternya. Sebelumnya, dia melarikan diri dari negaranya karena mendapat ancaman hukuman mati.

Seperti diberitakan BBC, Jumat 10 Februari 2012, Hamza Kashgari ditangkap sesaat setelah dia mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur kemarin. Sebelumnya, telah ada perintah penangkapan dirinya dari pemerintah Arab Saudi dan Interpol.

Pria 23 tahun yang berprofesi sebagai wartawan ini rencananya akan diekstradisi kembali ke negaranya. Di Saudi, dia disambut ancaman hukuman mati atas tuduhan penistaan agama.

Dalam akun Twitternya pada Sabtu minggu lalu, dia menuliskan: "Saya telah mencintai kamu dan saya telah membenci kamu dan banyak ketidakpahaman saya terhadapmu. Saya tidak akan beribadah untuk kamu."

Akibat twit ini, dia mendapatkan hujatan dari 30.000 orang di laman media sosial tersebut, beberapa bahkan mengancam membunuh Kashgari. Kolumnis ini telah menyatakan meminta maaf, namun ulama Saudi tetap ingin dia diadili.

Kashgari kabur ke luar negeri setelah perintah penangkapannya dari kepolisian Saudi keluar. Malaysia dan Arab Saudi tidak memiliki perjanjian ekstradisi, namun Kashgari akan dipulangkan di bawah kesepakatan keamanan bilateral kedua negara. (sj)

MIC Kembali Hadir Meriahkan Hari KI Sedunia Ke-24 Tahun 2024
wawancara Ketum PSSI, Erick Thohir dengan Aljazeera

Erick Thohir Beberkan 'Kunci Sukses' Timnas Indonesia ke Media Asing

Ketua Umum (Ketum) PSSI, Erick Thohir membeberkan kunci keberhasilan Timnas Indonesia tampil impresif dalam melakoni sejumlah laga di Piala Asia U-23 2024 Qatar.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024