Korut Rayakan HUT Mendiang Kim Jong-il

Warga Korut menyanyi di perayaan HUT Kim Jong-il
Sumber :
  • REUTERS/KCNA

VIVAnews - Dua bulan berselang setelah kematiannya, pamor Kim Jong-il tidak meredup di Korea Utara. Pada hari ulang tahunnya yang diperingati hari ini, ribuan rakyat Korut tumpah ruah ke jalan, memberikan penghormatan di hadapan patung dan foto Kim Jong-il.

Seperti diberitakan BBC, berbagai acara hingar-bingar digelar bertepatan peringatan ulang tahun ke 70 bekas pemimpin besar Korut tersebut. Oleh pemerintah Korut, hari ulang tahun Kim Jong-il disebut dengan nama "Hari Bintang Bersinar."

Ratusan orang membawa karangan bunga, dan meletakkannya di depan patung baru Kim Jong-il setinggi enam meter di Mansudae Art Studio, Pyongyang. Patung itu menggambarkan kegagahan Jong-il di masa jaya sedang menunggang kuda, di samping ayahnya, Kim Il-sung.

Bunga yang dibawa rakyat adalah empat bunga favorit dari ibu Kim Jong-il: begonia merah kimjongilia, anggrek fuchsia kimilsungia, dan azalea pink dan lavender. Sebelumnya, oleh pemerintah Korut, mendiang Jong-il diberikan gelar Generalissimo, pangkat tertinggi militer yang sebelumnya dipegang oleh ayahnya.

Usulan Kejaksaan Izinkan Lima Smelter Perusahaan Timah Tetap Beroperasi Disorot

Di berbagai tempat, para wanita Korut mengenakan pakaian tradisional, menari dan bernyanyi di atas panggung. Beberapa menyaksikan senam air yang dibawakan apik oleh para gadis cantik Korut, tidak peduli cuaca dingin menggigit.

Para pencipta lagu menggubah nyanyian baru yang memuji pemimpin besar Korut itu. Sementara itu, para pemahat, menyampaikan penghormatan mereka dengan membuat patung di sisi gunung.

Kim Jong-il meninggal pada 17 Desember tahun lalu di atas kereta saat perjalanan dinas. Korut mengatakan dia wafat akibat serangan jantung dan komplikasi penyakit lain. Di negara komunis Korut, trah Kim bak keturunan dewa, dan kepemimpinan saat ini dipegang oleh Kim Jong-un, putra Jong-il.(np)

Warga Korut memberikan karangan bunga di depan foto Kim Jong-il

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024
Jemaah haji Indonesia mendengarkan khutbah Subuh jelang wukuf.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial

Menurut Direktur Bina Haji PHU Arsad Hidayat, jemaah haji diminta tidak asal membagikan informasi yang beredar di media sosial yang belum jelas kebenarannya.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024