Topan Isaac Ancam Bagian Selatan AS

Topan Isaac melanda Ibukota Kuba Havana
Sumber :
  • REUTERS/Desmond Boylan

VIVAnews - Topan tropis Isaac mulai mengamuk di Florida bagian selatan, AS, Minggu waktu setempat. Angin topan itu pun mengganggu rutinitas warga setempat, termasuk menunda acara Konvensi Nasional Pengukuhan Calon Presiden AS dari Partai Republik di Kota Tampa, Florida.

Menurut kantor berita Reuters, Isaac bergerak ke selatan AS setelah beraksi di negara-negara Karibia, dengan menimbulkan hujan lebat. Selain membuat penduduk setempat di Florida waspada, hembusan Isaac ini mengancam operasional kilang-kilang minyak lepas pantai di pesisir selatan AS, Gulf Coast.

Pusat Pantauan Angin Topan AS (NHC) memperkirakan kekuatan Isaac bakal meningkat ke "Katagori 2" dan melanda lepas pantai Gulf Coast, tepatnya antara negara bagian Florida dan Louisiana tengah pekan ini. Peringatan angin topan dikeluarkan pemerintah kepada wilayah di pesisir Gulf Coast, termasuk kota New Orleans.

STY Kantongi Rahasia Keganasan Uzbekistan di Piala Asia U-23: Saya Tak Pernah Kalah dari Mereka

Pemerintah dan penduduk New Orleans pun masih tidak lupa saat wilayah mereka jadi amukan Angin Topan Katrina tujuh tahun lalu. Bencana pada 29 Agustus 2005 itu menewaskan lebih dari 1.800 orang dan menimbulkan kerugian miliaran dolar.

Topan Isaac pun mengganggu gelanggang politik menjelang Pemilu Presiden AS November 2012. Partai Republik terpaksa menunda dimulainya Konvensi Nasional, yang akan mengukuhkan Mitt Romney dan Paul Ryan sebagai calon Presiden dan Wakil Presiden, untuk menantang pasangan Barack Obama - Joe Biden dari Partai Demokrat.

Berlangsung selama empat hari, Konvensi Nasional Partai Republik itu tadinya akan dimulai pada Senin waktu setempat. Namun, berhubung ancaman Topan Isaac, Partai Republik terpaksa menundanya menjadi Selasa. (umi)

Presiden terpilih Prabowo Subianto di acara PBNU

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengaku sangat dekat dengan Nahdlatul Ulama (NU) -- bahkan sejak masih muda saat menjadi prajurit TNI,

img_title
VIVA.co.id
29 April 2024