Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

Jubir Kemlu Lalu Muhammad Iqbal
Sumber :
  • VIVA/Satria Zulfikar

Lombok – Mantan Duta Besar Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal berencana maju di dalam Pemilihan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) di Pilkada serentak November 2024 mendatang. Iqbal menegaskan tekadnya bulat untuk pulang ke kampung halaman dan mengabdi untuk masyarakat NTB.

Soroti Predikat Kemiskinan di Brebes, Paramitha: Pemda Harus Perhatikan 3 Hal Ini

"Segala harapan orang tua kepada saya sudah dijalankan. Di antaranya menjadi duta besar, sekarang waktunya saya mengabdi untuk NTB," kata Iqbal di Praya, Lombok Tengah, Minggu, 28 April 2024.

Bak gayung bersambut, keinginan Iqbal maju di Pilgub NTB mendapat dukungan mantan Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) Lalu Srinata dan mantan Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Kedua tokoh NTB ini, menyampaikan dukungannya kepada Juru Bicara Kementerian Luar Negeri tersebut maju di Pilkada serentak 2024. Hal tersebut disampaikan pada pertemuan alumni Yogyakarta-Lombok (Joglo) di Kota Praya, Kabupaten Lombok Tengah, Minggu.  

"Persatukan untuk mendukung Lalu Muhamad Iqbal, dari Joglo ada beragam latar belakang," kata Srinata.

Loyalis Jokowi Respons Elite PDIP soal Abuse Of Power: Berlebihan

Sesepuh Joglo ini melanjutkan, dari yang ia dengar moratorium wilayah sudah dicabut. Pulau Sumbawa termasuk yang diprioritaskan. "Ini harus dipersiapkan. Jangan sampai kemudian menyesal," katanya.

Senada dengan hal itu, mantan Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid juga memberikan pernyataan serupa. Sudah cukup lama alumni Joglo tidak memimpin Provinsi NTB.

"Ya, gaya dari Mas Iqbal tadi Jogja sekali. Tidak mau menyampaikan juga rencananya (Maju Pilgub NTB). Ini saya sampaikan sekarang," katanya.

Meski dirinya, merupakan kader partai dan arah partai belum menentukan sikap. Namun, kata Faozan, ikatan hati sebagai Joglo yang menjadi faktor pendorong mendukung Lalu Iqbal.

Ratusan alumni Joglo dari beragam profesi, mulai dari akademisi, pengusaha, guru, ulama hadir dalam pertemuan ini. Selain kedua tokoh tersebut, perwakilan Joglo lainnya menyampaikan sikap mendukung Dubes Iqbal maju di Pilkada NTB.

Atas dukungan tersebut, Lalu Muhammad Iqbal yang juga Ketua Umum Asosiasi Diplomat Indonesia (ADI) ini mengapresiasi dukungan alumni Joglo. Ia menyadari langkahnya untuk maju dalam Pilgub NTB 2024 tentu tak dapat berjalan sendiri. Semua pihak diharapkan turut membantu, di antaranya tentu saja Joglo.

"Niat pengabdian ini juga harus mendapat dukungan dari semua pihak," katanya. (ant)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya