Puluhan Wanita di AS Kampanye Telanjang Dada

Kampanye hak telanjang dada di AS
Sumber :
  • gotopless.org

VIVAnews - Puluhan wanita di Amerika Serikat menggelar kampanye menuntut hak untuk telanjang dada di seantero negeri. Tidak ayal, aksi mereka ini mengundang massa berkamera yang siap mengabadikan peristiwa langka itu.

Diberitakan Daily Mail, Selasa 28 Agustus 2012, salah satu aksi itu dilakukan di hari Minggu di tengah persimpangan yang ramai di kota New York. Para wanita tersebut hanya mengenakan celana pendek dan sepatu, tanpa atasan, menyeruakkan apa yang berada di bawah lehernya.

Warga yang melintas langsung ramai memotret, dengan kamera profesional maupun kamera handphone seadanya. Aksi telanjang dada serupa juga dilakukan oleh para pria di taman-taman kota, tapi tidak mendapat antusiasme massa yand sama seperti yang dilakukan aktivis wanita.

Aksi ini dilakukan untuk memperingati Hari Telanjang Dada Nasional yang digelar oleh National Go Topless Day, sebuah organisasi yang didirikan pada 2007. Aksi ini untuk menuntut hak wanita yang sama dengan para lelaki, untuk bebas bertelanjang dada.

Aksi serupa yang tidak kalah banyak mengundang penonton dilakukan di sekitar 30 kota di AS dan 10 negara di dunia. Beberapa wanita membawa poster dan spanduk bertuliskan "Hak Bertelanjang Dada untuk Semua."

"Tidak ada yang salah dengan puting wanita. Saya punya dua, anjing saya enam, tapi saya bisa dipenjara karena menunjukkan puting saya. Ini tahun 2012 bung, apa yang anda pikirkan?" kata Karen Heaven, penyelenggara aksi. (eh)

Jeno NCT Ulang Tahun ke-24! Fakta Menarik Sang 'Kapten' NCT yang Jarang Diketahui
Pertemuan Ketua Umum Partai Koalisi Indonesia Maju

Komposisi Menteri di Kabinet Prabowo-Gibran Tunggu Penetapan Resmi KPU

Meski Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka telah resmi menjadi Presiden terpilih dan Wakil Presiden terpilih, pasca putusan MK, tapi pembahasan soal menteri belum

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024