Jelajah Dunia Pakai Kapal Unik, Bisa Dibongkar Pasang

Kapal karet Catamaran para pelaut Rusia
Sumber :
  • Dok. Pusat Kebudayaan Rusia
VIVAnews
DPR Sindir Kenaikan UKT di Sejumlah PTN Menyesuaikan Harga Cabai dan Telur
– Empat pelaut Rusia singgah di Indonesia dalam misi penjelajahan dunia menggunakan kapal Catamaran. Mereka tiba di Jakarta melalui perairan Mexico, Kamis 28 Februari 2013, dan melabuhkan kapalnya di Pantai Ancol, Jakarta Utara.

Ada Korban Meninggal Akibat Tabrakan KA Pandalungan Vs Mobil di Pasuruan, Perjalanan KA Terganggu

Kapten kapal, Anatoly Kulik (58 tahun), dalam konferensi pers di Pusat Kebudayaan Rusia, Jakarta Pusat, menjelaskan bahwa mereka adalah orang pertama di dunia yang berkeliling dunia menggunakan kapal Catamaran. Kulik lantas memaparkan mengenai kapal yang Catamaran.
Indonesian Economy Grows 5,11 Percent in Q1 2024


Kapal Catamaran adalah kapal yang memiliki beberapa lambung dan sangat cocok digunakan untuk kapal penumpang. Kelebihan kapal ini dibanding kapal jenis lainnya yaitu memiliki badan yang sangat lebar karena jembatan antara satu lambung dengan lambung yang lainnya digunakan sebagai tempat muatan.


Satu lagi kelebihan utama kapal Catamaran, yaitu dapat dibongkar-pasang. Tim pelaut Rusia misalnya membongkar kapal itu ketika akan melewati Terusan Panama. Bagian-bagian kapal bahkan dapat dipisah hingga 30 bagian yang keseluruhannya muat dimasukkan ke dalam tas.


“Kami membongkar kapal karena ketika melewati Panama, kami melalui jalur darat. Setelah itu baru kami lanjutkan perjalanan melalui perairan,” ujar Kulik.


Kapal Catamaran yang digunakan oleh tim pelaut Rusia ini merupakan hasil rancangan Kulik sendiri dan memakan biaya hingga US$70 ribu atau Rp676 juta. Bagi Anda yang tertarik untuk melihat dari dekat kapal ini, tim pelaut Rusia memberikan kesempatan untuk meninjau kapal tersebut yang masih berlabuh di Pantai Marina Ancol pada hari Minggu, 3 Maret 2013, pukul 11.00 WIB-12.00 WIB.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya